Warga 5 Desa Bersihkan Irigasi Tenggulun - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Warga 5 Desa Bersihkan Irigasi Tenggulun

Warga 5 Desa Bersihkan Irigasi Tenggulun

Written By Mang Raka on Kamis, 10 Agustus 2017 | 13.30.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Muspika Kecamatan dan Pegawai Desa dari lima desa di Cilamaya Wetan kompak menggelar gropyokan membersihkan eceng gondok dan sampah disepanjang irigasi Tenggulun. Nampak pula babinsa TNI yang ikut memperlancar air masuk ke hamparan sawah.

Kades Rawagempol Wetan, H Udin Abdul Gani mengatakan, gorol kali ini dilakukan karena sawah-sawah digolongan air 4 ini airnya terendat, meskipun PJT II sudah mencukupkan pengairannya, namun akibat proyek di Tanjung Pasir dan banyaknya eceng gondok, air tersendat masuk ke pesawahan. Karenanya, ia berharap dengan gorol yang melibatkan Kades dari Cilamaya, Mekarmaya, Sukatani dan Rawagempol Kulon ini bisa membuka akses air lebih lancar. "Gropyokan ini perlu dilakukan, agar air lancar masuk," pungkasnya.
Camat Cilamaya Wetan, Drs H Hamdani mengatakan, irigasi sepanjang 3 kilometer kurang lancar pengairanya akibat sampah dan eceng gondok yang menjejali irigasi di sepanjang Jeruk Simer - Tenggulun. Karenanya, menunjang para petani agar cepat pengolahan dan tanam, pihaknya bersama para Kades dan Danramil Gorol membersihkan eceng gondok yang menumpuk dibahu irigasi. Setidaknya, eceng gondok yang bisa membuat pendangkalan irigasi ini bisa diantisipasi dengan gorol, sehingga para waker dan PJT juga mulus mengelontorkan air dari hulu sampai hilir. "Kita menunjukan kekompakan agar semuanya bisa sama-sama sukseskan masuknya air ke golongan air 4 dan 5," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template