Sumur di Kampung Bakan Harendong Tak Berair - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sumur di Kampung Bakan Harendong Tak Berair

Sumur di Kampung Bakan Harendong Tak Berair

Written By Mang Raka on Senin, 14 Agustus 2017 | 12.00.00

*Warga Minta Pipa untuk Alirkan Air dari Sungai Cigeuntis

TEGALWARU, RAKA - Bencana tahunan kekeringan dan kesulitan air kembali dirasakan warga kampung Bakan Harendong, Desa Cintalanggeng, Kecamatan Tegalwaru. Saat ini warga kebingungan mencari air. Sementara belum ada tanda-tanda pemerintah daerah akan melakukan penyuplaian air bersih yang dibutuhkan warga.

Program pemberian pipa dan toren bak penampung air semestinya bisa menjadi solusi. Namun sayang, program yang digelindingkan melalui rembug desa dan disikapi antusias orang desa itu selalu kandas setelah jadi profosal permintaan pembangunan. "Program pengentasan kekurangan air sering diusung di wilayah selatan Karawang. Baik dari pemberian pipa, pemberian toren bak penampung, pembangunan embung-embung malah pembangunan bendungan penampung air yang menelan anggaran hingga miliaran rupiah hingga saat ini belum membuahkan hasil," tandas Kamayadi (30) tokoh masyarakat  Desa Cintalanggeng, Minggu (13/8).
Kamayadi menambahkan hampir setiap tahun warga dilingkungannya menghadapi persoalan kekurangan air. Dirinya menyampaikan sumber air dilingkungan tidak bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan air warga. Kondisi sekarang ini sudah amat parah padahal kemarau belum lama. Dirinya mengaku jika kondisinya semakin parah warga harus keluar kampung bahkan desa agar bisa mendapatkan air.
"Kalau tahun kemarin warga mencarinya sampai Sungai Cigeuntis dan itu jaraknya amat jauh. Semestinya bantuan-bantuan yang diberitakan tidak hanya sebatas distribusi air dan habis hari ini lalu besoknya kebingungan lagi mencari air tetapi permanen sehingga kami tidak harus teriak lagi meminta bantuan air," kata Kamayadi. Dia menyarankan supaya yang diberikan kepada warga bukan ikannya tetapi kailnya sehingga manfaatnya bisa dalam jangka lama.
Di tempat yang sama, Nengsih (38) warga Kampung Bakan Harendong juga berharap hal yang sama. Dia menginginkan agar bantuan yang diberikan bukan air tetapi sumur bor yang bisa menarik air dari dalam tanah. Sehingga persoalan kesulitan air bisa tertuntaskan. "Sumur kami banyak yang mengalami kekeringan. Bukannya kami tidak berusaha bahkan sebagian warga sudah melakukan penggalian sumur dengan ukuran yang paling dalam namun tetap saja tidak keluar air," tandasnya.
Sementara petugas mobil pengangkut air yang ketika itu melakukan suplay air di Kampung Bakan Harendong, Surya (37) menerangkan jika bantuan itu langsung dari PDAM Karawang. Dirinya membenarkan jika bantuan akan terus berlanjut ketika masyarakat masih membutuhkannya. Bantuan tersebut memang program bantuan yang diperbantukan bagi kebutuhan dan keperluan masyarakat. "Kami hanya menjalankan perintah saja. Jika ada yang membutuhkan maka kami langsung berjalan ke sini. Seperti sekarang ini, warga  membutuhkan air bersih," pungkasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template