SMPN 2 Lemahabang 8 Kali Berturut-turut Juara Jambore Pramuka - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMPN 2 Lemahabang 8 Kali Berturut-turut Juara Jambore Pramuka

SMPN 2 Lemahabang 8 Kali Berturut-turut Juara Jambore Pramuka

Written By ayah satria on Selasa, 29 Agustus 2017 | 15.56.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Sudah delapan kali, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Lemahabang Wadas menjadi juara umum Jambore Ranting Pramuka di Kecamatan Lemahabang. Tak tanggung-tanggung, titel tersebut diraih selama selama delapan tahun berturut-turut.
Rosyana Nurjhar, Pembina Pramuka putri SMPN 2 Lemahabang mengatakan, dalam Jamran Pramka tahun ini yang digelar di Desa Pasirtanjung akhir pekan lalu, sekolah tempatnya mengajar itu sukses kembali menjadi juara umum.
Dengan mendelegasikan 6 regu yang masing-masing regunya berjumlah 11 anak, SMP ini berhasil meraih poin emas di 14 mata cabang lomba selama Jamran, baik putra maupin putri, bahkan jumlah emas yang di dapat lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. "Alhamdulillah kita boyong lagi 3 piala, juara satu putra dan putri, juga juara umumnya," katanya.
Rosyana menambahkan, minat eskul Pramuka di SMP ini memang cukup tinggi, karena selain materi wajib dalam kurtilas, para pelajar juga mengikuti latihan rutin Pramuka pada hari Kamis dan Jumat, sehingga pemahaman kepramukaan ini semakin masif. Itu alasan utama kenapa Pramuka di sekolahnya rutin menjadi juara umum pada jamran tingkat kecamatan. "Selain eskul wajib, ya kita rutin latihan satu jam di hari Kamis dan Jumat, kalau mau jambore ya kita mantapkan saja," ungkapnya.
Kepala SMPN 2 Lemahabang Yoyon Sumaryono mengapresiasi sekolahnya yang selalu menjadi juara bertahan, resepnya adalah kegigihan dan keuletan anak-anaknya sendiri. Menurutnya, prestasi pramuka ini juga sempat menghantarkan satu siswanya jadi peserta Jambore Nasional (Jamnas) pada tahun 2016 lalu, meskipun proses untuk masuk menjadi peserta Jamnas sangat ketat.
Menurutnya, semua prestasi itu bukan saja membawa nama baik sekolah, tetapi juga menjadi tameng para siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi di jalur prestasi Penerimaan Pesert Didik Baru (PPDB), sebab dengan juara Jamran saja, setidaknya memberi motivasi bagi siswa lainnya untuk lebih berptestasi, apalagi sertifikat atau piagamnya ini manfaat untuk PPDB nanti. "sebagai wujud apresiasi, ya kita serahkan secara simbolis di sela upacara bendra senin pagi piala juara hasil Jamran ini," ujarnya.
Dirinya selalu berpesan agar bakat, hobi dan kompetensi yang dimiliki para peserta didiknya untuk bisa digali lebih maksimal lagi. Karena pihak sekolah selalu mendorong  upaya terbaiknya, entah itu dengan dana, moril termasuk doa. Sebab, kata Yoyon, SMP 2 Lemahabang ini selalu jadi tumpuan kegiatan di Lemahabang, karena selain Pramuka, banyak lagi wadah eskul lainnya yang bisa menopang prestasi dan bersaing dengan sekolah lainnya di wilayah perkotaan, seperti Voli, basket dan olahtaga lainnya, karena baginya yang terpenting saat ini adalah fasilitasnya selain pelatih dan pembinanya, karena kedua-duanya berpengaruh untuk kemajuan prestasi para siswa. "saya pesankan ke anak-anak, agar terus belajar lebih giat lagi, karena berlatih eskul pramuka ini sama dengan menanamkan kedisiplinan dan kekompakan," pungkasnya. (rud)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template