SMPN 1 Rawamerta Lomba Permainan Tradisional - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMPN 1 Rawamerta Lomba Permainan Tradisional

SMPN 1 Rawamerta Lomba Permainan Tradisional

Written By ayah satria on Sabtu, 19 Agustus 2017 | 21.41.00

RAWAMERTA, RAKA - Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 72 tahun, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Rawamerta, berkolaborasi dengan sejumlah alumni  menggelar perlombaan bagi siswa yang mengusung tema kebudayaan tradisional. Salin menampilkan perlombaan pada umumnya, juga menampilkan perlombaan zaman dahulu yang saat ini dinilai jarang dimainkan oleh generasi muda seperti perlombaan bentengan.
Menurut Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Tri Wiratno, dalam perlombaan kali ini pihaknya bekerjasama dengan alumni dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi antara sekolah dengan alumni. "Dan kebetulam konsep yang ditawarkan oleh alumni sama dengan konsep yang dibuat sekolah, dengan tema perlombaan memgangkat kebudayaan dengan membuat perlombaan tradisional," katanya, kepada Radar Karawang.
Sedangkan menurut salah seorang alumni Ahmad Rohidin, perlombaan tradisional tersebut diadakan karena ingin menghidupkan kembali permainan zaman dahulu yang saat ini hampir punah atau terlupakan dengan mengusung tema kebudayaan, dan dirinya mengakui antusias siswa sangat tinggi dengan adanya perlombaan dengan menghadirkan konsep kebudayaan tersebut. "Sengaja kita usung perlombaan yang berbau tradisional, agar siswa bisa tahu dan melestarikannya," ujarnya.
Ia berharap, dengan mengadakan perlombaan tradisional ini, siswa bisa melestarikannya, terlebih dengan banyaknya perkembangan teknologi saat ini yang semakin menghapuskan kebudayaan asli daerah. Pasalnya siswa lebih teetarik dengan kemajuan teknologi daripada memainkan permainan tradisional, padahal dalam peemainan tradisional tersebut banyak manfaat yang bisa dipetik, seperti kebersamaan dan sosialisasi antar siswa bisa tetap berjalan. "Mudah-mudaham saja bisa terus dilestarikan setelah kita perkwnalkan kembali melalui perlombaan kali ini," pungkasnya.(rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template