SMK Indonesia Mas Budayakan Bedah Buku - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMK Indonesia Mas Budayakan Bedah Buku

SMK Indonesia Mas Budayakan Bedah Buku

Written By Mang Raka on Jumat, 04 Agustus 2017 | 16.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Ruangan perpustakaan SMK Indonesia Mas semakin representatif di tahun ajaran baru 2017/2018. Beragam literasi buku kurikulum, umum dan lainnya menjadi wahana yang membuat minat baca siswa di sekolah itu semakin tinggi, meskipun ditengah keterbatasan buku bacaan lainnya yang belum sempurna.

Siswi SMK Indonesia mas Anastasya Azahra, Kamis (3/8) mengatakan meskipun banyak sumber literasi secara online dewasa ini, namun buku bacaan tetap tidak hilang, bahkan dengan mengulangnya, istilah buku jendela dunia masih relevan digunakan untuk memperdalam literasi, baik sebatas bacaan, tugas akademik maupun hobi. Karenanya, keberadaan ruangan perpustakaan yang lega.
Selain itu ruangan juga dibuat nyaman sehingga enak menjadi tempat membaca disamping juga layanan pinjam meminjam semakin rapi. Bahkan mengejar keingintahuan tugas, pihaknya dan teman- teman lainnya menjdikan perpustakaan ini ruangan kedua disekolah untuk mendalami ilmu. "Hobinya sih baca buku- buku umum, tapi karena banyak tugas ya literasi apapun kita cari," katanya.
Sementara itu, wakil kepala SMK Indonesia Mas Aming Abdullah SE mengatakan koleksi buku-buku bacaan di perpustakaan jumlahnya ribuan, bahkan memenuhi kriteria dari sejumlah literasi pada umumnya, namun sayangnya sebut Aming, di perpustakaan ini masih terbatas ketersediaan buku komptensi keahlian dari masing- masing kelas. Sebab, sejauh ini pihaknya baru banyak menerima buku literasi umum, kurikulum dan pedoman dari ekstrakulikuler yaitu pramuka, paskibra, dan organisasi siswa. Meskipun demikian, ini tidak menyurutkan minat siswa dalam membaca , bahkan di waktu senggangnya sekalipun. "Buku mah ribuan, semua literasi ada meskipun beberapa diantaranya terbatas," katanya.
Aming menambahkan, dalam rangka mendorong minay baca lebih tinggi bagi para siswa, pihak sekolah mengupayakan agenda rutin di beberapa mata pelaran untuk bedah buku dari hasil bacaannya diperpuatakaan. Bahkan mewajibkan kunjungan keperpustakaan yang jadwalnya sudah disusun rapi, berapa orang yang masuk dan berapa siswa yang boleh meminjam untuk bacaan dirumah, semuanya sebut Aming teregister dengan baik, sehingga dari budaya ini, anak- anak jadi terbiasa membaca. "Kita budayakan bedah buku dan menjadwalkan kunjungan sebagai upaya meningkatkan minat baca siswa," ujarnya.
Lebih jauh dia berharap, tidak sebandingnya antara minat membaca yang tinggi dengan jumlah buku, membuat pihak sekolaj berharap suplay buku yang terupdate kiranya segera diturunkan semisal kurikulum 2013 , maupun jenis bacaan lainnya, tentunya dengan percetakan yang handak dan prpfesional. "Semoga setiap tahun ajaran ini bisa bertambah bukunya," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template