Siswa Masih Bawa Motor ke Sekolah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa Masih Bawa Motor ke Sekolah

Siswa Masih Bawa Motor ke Sekolah

Written By Mang Raka on Kamis, 03 Agustus 2017 | 14.30.00

TIRTAMULYA, RAKA - Maraknya anak-anak mengendarai motor ke sekolah, mendapat perhatian dari Kepala SMKN 1 Tirtamulya Drs Abdillah. Dia mendukung jika Pemerintah Kabupaten Karawang melarang pelajar mengendarai motor ke sekolah.
Menurut Abdillah, anak sekolah tidak boleh membawa motor dan mobil, karena dalam Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan, remaja di bawah umur 17 tahun tidak boleh membawa kendaraan, karena belum berhak mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM). "Setuju aja saya mah, karena itu sesuai dengan aturannya," ujarnya kepada Radar Karawang, Rabu (2/8) kemarin.
Dilihat dari psikologis, kata Abdillah, anak seumuran itu belum bisa mengendalikan emosi, sehingga rawan terjadi kecelakan. Dari sosiologis, kendaraan itu ditakutkan akan digunakan tidak baik, dipakai untuk kumpul-kumpul, bolos main PS dan warnet. Bahkan dipakai untuk tawuran. Hal tersebut jangan dibiarkan, karena akan merusak generasi bangsa. "Untuk meminimalisir hal yang negatif, karena saya tidak mau hal itu terjadi," katanya.
Meski begitu, aturan tersebut akan sulit dijalankan, karena masih banyak anak yang rumahnya jauh dari sekolah. Seperti dari Cilamaya, Wadas, Pelem, Banyusari, dan Wadas. Transportasi umum dari tempat tinggalnya juga masih kurang, apalagi daerah Banyusari dan Wadas. "Kalau nungguin nanti bisa-bisa kesiangan ke sekolahnya," katanya
Menyikapi hal tersebut, perlu ada kerja sama dari Disdikpora, Dinas Perhubungan, kepolisian, agar larangan siswa membawa motor ke sekolah bisa berjalan dengan baik. Karena jika hanya mengendalkan penekanan dari sekolah, hasilnya sia-sia. Itu pernah dilakukan oleh Abdillah, namun anak didiknya tetap membawa motor ke sekolah. "Perlu ada kerja sama dari bupati, Disdikpora, kepolisian dan yang lainnya, demi kemajuan ke arah yang lebih baik," tuturnya.
Ketika semuanya sudah berkomitmen untuk membangun, Abdillah sebagai kepala sekolah akan membuat surat edaran kepada orangtua murid, melarang pelajar membawa motor ke sekolah. "Demi menjaga keselamatan murid kalau saya mah," pungkasnya.(cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template