SDN Sirnabaya I Punya Toilet Sehat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SDN Sirnabaya I Punya Toilet Sehat

SDN Sirnabaya I Punya Toilet Sehat

Written By Mang Raka on Sabtu, 19 Agustus 2017 | 12.00.00

*Tidak Perlu Lagi Numpang BAB di Rumah Warga

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Program CSR (Coorporatte Social Responsibility) tiga perusahaan di wilayah Kecamatan Telukjambe Timur akhirnya tersalurkan. Puluhan anak SDN Sirbabaya I boleh bernapas lega. Kini mereka tidak perlu lagi ke rumah warga hanya sekedar menumpang buang air kecil dan BAB, setelah tiga toilet sehat secara resmi dibangun di sekolah mereka.

"Saya harapkan bukan satu atau dua saja perusahaan yang peduli terlebih bagi pendidikan tetapi kalau bisas semua bisa ikut berpartisipasi dalam memberikan bantuan kepada anak-anak kita," ucap Camat Telukjambe Timur H. Asep Cece Juhandi, Jumat (18/8) usai meresmikan pembangunan sanitasi dan MCK SDN Sirnabaya I. Peresmian itu dihadiri perwakilan tiga perusahaan penyalur CSR tersebut.
Dijelaskan camat Asep, selain melalui APBD Kabupaten Karawang, Pemerintah Desa Sirnabaya juga merangkul ke pihak swasta untuk membantu dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia tersebut, terutama di sektor pendidikan. Salah satunya dari PT. Amsco, PT. DHL, dan PT. Sakura yang dinilai memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan. Bantuan uang sebesar Rp 37.900.000 yang diberikan secara simbolis oleh tiga perwakilan perusahaan kepada kepala desa untuk pembangunan toilet siswa itu akan di implementasikan di Sekolah Dasar Sirnabaya 1 dengan harapan sekolah tersebut kedepannya memiliki tiga toilet sehat bagi para siswa sekolah itu.
Kepala Desa Sirnabaya, Ir. Masuran mengatakan pendidikan merupakan hal yang penting bagi siapa saja dan semua orang berhak untuk mendapatkannya. Tanpa pendidikan, akan sulit bagi seseorang untuk berkembang dan meraih cita-citanya. Untuk itu pendidikan harus benar-benar diarahkan agar menghasilkan manusia yang berkualitas dan mampu  berdaya saing kedepannya, serta memiliki budi pekerti yang baik dan mulia.
Karena itu, pihak manapun harus berperan aktif untuk memajukan pendidikan di daerahnya, baik pemerintah setempat maupun pihak swasta. Untuk memajukan pendidikan banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya seperti yang dilakukan beberapa perusahaan yang mau membantu pendidikan di lingkungan pedesaan. "Secara pribadi saya sangat mengapresiasi perusahaan penyalur CSR. Tetapi juga berharap hal yang sama pun bisa diikuti oleh pelaku usaha yang lainnya, karena pendidikan bukan saja tanggung jawab negara akan tetapi semua ikut juga bertanggung jawab demi peningkatan sumber daya manusia," ucapnya.
Senada itu Sekdes Sirnabaya Deni Rukmana. SE. menyampaikan CSR merupakan sebuah konsep dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial dan lingkungan dalam operasi bisnis mereka dan juga dalam interaksi mereka dengan para pemangku kepentingan secara sukarela. Dirinya pun menerangkan oleh karena itu sektor pendidikan merupakan sebuah investasi sosial yang strategis dan sangat menentukan bagi masa depan sebuah bangsa, khususnya dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang unggul. Katanya.
"Bukan persoalan mudah untuk mempersiapkan sebuah sistem pendidikan yang murah dan berkualitas sehingga bisa diakses oleh semua strata sosial masyarakat kita. CSR untuk Pendidikan dengan adanya perusahaan di lingkungan kami maka harapannya bisa menjadi salah satu potensi yang bisa dijadikan sebagai alternatif untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan baik secara infrastruktur maupun yang lainnya," ucapnya.
Sementara Kepala Sekolah SDN 1 Sirnabaya Kurnia. Spd. menerangkan, sebelum beberapa perusahaan turun tangan membantu pembangunan fasilitas toilet sebenarnya sudah ada upaya dari orang tua siswa melalui komite sekolah untuk membangun sarana toilet pelajar namun mengalami kendala. Melihat kondisi tersebut, pengelola sekolah melakukan rapat intensif dengan Pemerintah Desa Sirnabaya sebagai pelindung wilayah agar adanya bantuan. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template