Satu Bulan, 1.058 warga Anggadita Terserang ISPA - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Satu Bulan, 1.058 warga Anggadita Terserang ISPA

Satu Bulan, 1.058 warga Anggadita Terserang ISPA

Written By Mang Raka on Kamis, 31 Agustus 2017 | 15.30.00

KLARI, RAKA - Musim kemarau panjang dan buruknya cuaca ternyata sangat berpengaruh terhadap kesehatan warga Klari. Pasien yang datang ke Puskesmas Anggadita, Kecamatan Klari, didominasi penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).
Kepala UPTD Puskesmas Anggadita, Memet Komarudin mengatakan, penyebab terjadinya penyakit ISPA karena cuaca yang buruk dan panas terikmatahari serta kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan. Di Puskesmas Anggadita ISPA, mayoritas menyerang anak-anak dibawah umur 17 tahun. "Sebulan saja itu sudah hampir ada 1.058 pasien yang menderita ISPA, 446 pasien usia ditas 17 tahun dan sisanya dibawah 17 tahun, terutama anak-anak," ujar Memet, kepada Radar Karawang, Rabu (30/8).
Setiap hari, pelayanan kesehatan yang berada di tengah pemukiman warga tersebut tidak pernah sepi pengunjung. Sehingga membuat para petugas pelayanan kesehatan begitu sibuk melakukan pelyanan dan pengobatan kepada masyarakat yang tengah berobat. "Setiap harinya pasti ada aja yang berobat jadi tidak pernah sepi selalu rame," ungkapnya.
Dia menyampaikan selain ISPA, banyak juga pasien yang mengeluhkan penyakit lain, seperti demam, TBC dan lain sebagainya, tetapi karena kondisi cuaca yang begitu panas, memang sangat rentan terhadap penyakit ISPA. Oleh karenanya dia berpesan kepada setap masyarakat, untuk bisa lebih menjaga kesehatan tubuh dengan cara  menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS). "Kalau kondisi badan kita lemah, akan mudah terkena penyakit, makanya harus sering rajin olahraga sama jaga kebersihan," pesannya.
Hermawan (41) salah satu warga Anggadita yang tengah mengantarkan anaknya berobat mengtakan, selama pemerintah menyediakan segala kebutuhan masyarakat dan pelayanan kesehatan secara gratis, maka tidak sulit baginya untuk bisa berobat demi kesehatan keluaraga. "Berobat anak, gratis sih, jadi tinggal berangkat saja ke Puskesmas," ucapnya.(yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template