Sampah di Sukaluyu Bau Busuk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sampah di Sukaluyu Bau Busuk

Sampah di Sukaluyu Bau Busuk

Written By Mang Raka on Jumat, 04 Agustus 2017 | 11.30.00

*Lalat Hijau Dikhawatirkan Terbang ke Rumah Warga

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Warga Desa Sukaluyu, Kecamatan Telukjambe Timur mengeluhkan bau busuk yang menebar dari timbunan sampah di bantaran Sungai Kalipandan, persis pinggir Jalan Raya Telukjambe Timur. Timbunan sampah itu memanjang hingga mencapai 10 meter dengan ketinggian hampir mencapai satu meter dari badan jalan. Warga yang setiap hari melintasi jalan itu khawatir jika tidak segera dibersihkan lalat yang dari tempat sampah itu akan berterbangan ke rumah warga dan jadi sumber penyakit.

Data lapangan yang dihimpun Radar Karawang, Kamis (3/8) menyebutkan sampah-sampah tersebut berasal dari warga yang membuang sampah sembarangan di lokasi. Sampah yang dibuang ada yang menggunakan karung, kantung plastik ada juga yang berceceran. Baik sampah organik maupun anorganik sudah bercampur sehingga sulit dipilah. Selain itu terlihat juga bangkai tikus dan kotoran ternakpun dibuang di lokasi tersebut. Sementara lalat hijau beterbangan diatas tumpukan sampah. Apalagi usai hujan lalat semakin banyak di sekitar lokasi dan terkadang menempel di baju pengendara motor atau warga yang melintasi lokasi pembuangan sampah.
Tumpukan sampah yang berada di bahu jalan dan dekat sungai Kalipandan itu bukan kali pertama dibersihkan secara swadaya oleh warga sekitar, tetapi sudah lebih dari tiga kali. Namun setiap kali dibersihkan tidak lama kemudian sampah ada lagi. Hal itu yang membuat warga merasa putus asa dan berharap ada solusi dari pihak pemerintah desa itu. Sebaliknya Pemerintah Desa Sukaluyu pun sudah berulang kali melakukan upaya agar tidak ada lagi warga yang buang sampah di lokasi. Termasuk memberikan himbauan dan sosialisasi namun sampai sekarang belum membuahkan hasil.
Senada itu Endum (44) warga Desa Sukaluyu, mengatakan timbunan sampah berbau busuk di pinggir Jalan Raya Telukjambe Timur sudah berlangsung sejak lama. Yang buang sampah disitu juga di duga warga dari berbagai wilayah yang melintasi lokasi dan membuang sampahnya dari atas motor, selain tidak memungkiri ada juga warga desa setempat. Saking baunya aroma busuk yang menebar sampai tercium hingga jarak puluhan meter ke rumah warga.  "Biasanya mereka membuang sampah pada sore dan malam hari. Dugaan saya warga pendatang atau yang kost, terbukti saat lebaran kondisi sampah tidak sebanyak sekarang, bahkan nyaris bersih, nah sekarang banyak lagi," tegasnya.
Menurut Endum seharusnya di lokasi tersebut dibuatkan bak penampung sampah agar warga tidak lagi membuang sampah sembarangan. Dirinya pun mengungkapkan jika Pemerintah desa Sukaluyu sudah maksimal dalam memberikan arahan agar warga tidak lagi membuang sampah di lokasi itu. "Ini perlu adanya sosialisasi kepada para pemilik kontrakan atau kos-kosan agar mereka ikut andil dalam memginformasikan agar para pengontrak dan yang kost buang sampah di lokasi itu," tegasnya.
Sementara Rosadi (35) pengendara motor dari Kampung Cidomba, Desa Sirnabaya yang saat itu menghentikan motor dipinggir jalan dan membalut hidungnya dengan penutup mulut mengatakan mengatakan, butuh kepedulian semua pihak agar warga tidak membuang sampah sembarangan termasuk ketegasan pemerintah setempat untuk memberikan sanksi tegas bagi warga yang mebuang sampah di sana. Termasuk memberikan penerangan mengenai dampak yang akan ditimbulkan dari keberadaan sampah tersebut.Harapnya.
"Jika ada sanksi baru akan ditaati tapi kalau sebatas lisan dan tulisan di baliho, kalau menurut saya belum ada efek jeranya. Supaya peraturan itu diindahkan dengan baik saat implementasinya, dampaknya harus jelas," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template