Rumah Tetangga Wakil Bupati Hangus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Rumah Tetangga Wakil Bupati Hangus

Rumah Tetangga Wakil Bupati Hangus

Written By ayah satria on Sabtu, 12 Agustus 2017 | 13.47.00


TELAGASARI, RAKA - Membakar sampah sudah menjadi rutinitas H Sawi (58) setiap pagi bersih-bersih halaman bagian belakang rumahnya. Tetapi siapa sangka rutinitas pagi yang dilakukan warga RT 14/02, Desa Ciwulan, Kecamatan Telagasasri itu ternyata menjadi malapetaka bagi dirinya. Api ternyata tidak hanya membakar sampah tetapi merembet hingga ke dapur dan rumahnya pun  terbakar.
Informasi yang dihimpun Radar Karawang, Sebelum membakar rumah tetangga Wakil Bupati Karawang Jimmy Ahmad Zamakhsyari itu, api sempat menjilat bagian dinding dapur yang terbuat dari bambu. Hanya butuh waktu 15 menit api begitu cepat membesar hingga kemudian menjalari bagian dalam dapur. Menurut keterangan tetangga korban, Gombil (45), H Sawi saat kebakaran posisinya sedang di dalam rumah sekitar pukul 07.00 pagi. Melihat api yang keburu membesar dia justru lunglai dan tak mampu berteriak meminta tolong apalagi berlari.
Beruntung para tetangga sigap, karena selain berhasil membawa korban keluar rumah saat api belum begitu membesar, juga berupaya memadamkan api dengan air seadanya, sementara dirinya, sambung Gombil berusaha memutuskan kabel - kabel listrik yang arusnya mengarah ke rumah- rumah tetangga karena khawatir terjadi korsleting listrik.  "Saya khawatir api menjalar ke rumah-rumah tetangga makanya saya memutus kabel-kabel listrik yang menghubungkan dengan rumah tetangga," ucap Gombil kebakaran akibat korsleting listrik.
RT setempat, Sarmin mengatakan, saat kejadian kebakaran pihaknya langsung memukul pentungan yang ada di musala, karena sambil menunggu pemadam kebakaran datang, warga sigap memadamkan api dengan air seadanya, termasuk menyelamatkan penghuni yang shock didalam rumah. Sebab, rumah yang berlokasi di Dusun Poponcol RT14/02 tersebut di isi 3 orang, sementara dua lainnya sudah kerja di pasar dan cucunya bersekolah. Beruntung, api yang membakar seisi rumah tersebut berhasil dipadamkan 1,5 jam setelah pemadam dari UPTD di Telagasari datang. "Saat kejadian warga berupaya memadamkan api, hingga akhirnya pemadam datang," ujarnya.
Kades Ciwulan Asep Tarwan mengatakan, seisi rumah warganya hangus dilahap api dengan hanya berselang 2 - 3 jam, rumah milik H Sawi tersebut selain terdapat gabah kwintalan, juga baju - baju jualan dan harta benda lainnya hangus. Kerugian sebut Asep, diperkirakan sampai ratusan juta rupiah. "Kerugian sampai ratusan juta, karena didalamnya banyak harta benda yang ikut hangus," ucapnya.
Camat Telagasari Hj Yetty Yuliati S.ip mengatakan,  kebakaran yang terjadi di Desa Ciwulan harus jadi pelajaran bagi masyarakat lainnya. Dirinya yang turun langsung bersama Muspika melihat kondisi bangunan parah dilahap api hanya karena faktor ketidaksengajaan. Karenanya, di musim kemarau saat ini, masyarakat diimbau agar berhati- hati, karena penyebab kebakaran itu bervariasi. Ada yang karena rokok, korsleting listrik, lilin hingga pembakaran sampah. "Masyarakat harus waspada, apalagi dimusim kemarau seperti sekarang ini," pungkasnya.(rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template