Pemuda Purwakarta Dilatih Kelola BUMDes - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemuda Purwakarta Dilatih Kelola BUMDes

Pemuda Purwakarta Dilatih Kelola BUMDes

Written By Mang Raka on Senin, 14 Agustus 2017 | 13.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Perwakilan pemuda dari setiap desa di Purwakarta masih mengikuti workshop Kepemudaan yang digelar oleh Kemendes PDTT, Minggu (13/8). Di hari terakhir ini, para pemuda mendapat motivasi agar tumbuh semangat untuk berperan dalam pembangunan di desa masing-masing. Salah satu materi yang diberikan pada para pemuda ini adalah cara pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).
Kegiatan ini sebelumnya dibuka langsung oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi di hari pertama. Di mana Workshop Kepemudaan dilaksanakan selama tiga hari, yaitu dari 11 hingga 13 Agustus 2017. Tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan bekal atau ilmu kepada para pemuda di Purwakarta untuk berperan aktif dalam pembangunan di desanya masing-masing. "Ada 100 pemuda yang menjadi peserta. Selama 3 hari mereka kita berikan berbagai materi dan pengetahuan. Setelah dari sini mereka sudah siap berperan aktif di desanya masing-masing," kata Kepala Bagian Hubungan Antar Lembaga Kemendes PDTT, Bambang Widiyatmiko, Minggu (13/8).
Bambang menjelaskan, materi yang didapatkan para pemuda sebagai peserta workshop diantaranya, aturan maupun kebijakan pemerintah pusat hingga pemerintah desa. Peserta juga mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara pengelolaan Bumdes agar bisa berkembang. Serta memberikan cara pemanfaatan media sosial untuk pembangunan dan mempromosikan desa agar dikenal banyak orang. "Di hari terakhir ini, para peserta mendapat motivasi guna menumbuhkan semangat untuk berperan serta dalam pembangunan didesa dari seorang motivator muda," jelasnya.
Kepada para peserta, Bambang berharap setelah mengikuti workshop kepemudaan ini, semua pengetahuan yang diperoleh para peserta dapat diterapkan di desa masing-masing. Salah satunya turut menyumbangkan ide tentang pembangunan melalui musyawarah desa. Serta berperan aktif dalam pengelolaan dana desa hingga pengelolaan Bumdes nantinya.
"Kita ingin setiap pemuda di Purwakarta dengan segala pengetahuan dan keinginannya, mampu menciptakan inovasi untuk mengelola potensi desa. Dengan demikian, desa akan mampu menjadi pusat-pusat pertumbuhan baru," ungkap Bambang.
Lebih jauh Bambang menambahkan, workshop kepemudaan ini salah satu program Kemendes PDTT melakukan upaya pemberdayaan masyarakat dengan menyelenggarakan peningkatan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia masyarakat desa. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template