Pemkab Karawang Lemah, Cikaranggelam Masih Tercemar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Karawang Lemah, Cikaranggelam Masih Tercemar

Pemkab Karawang Lemah, Cikaranggelam Masih Tercemar

Written By ayah satria on Selasa, 01 Agustus 2017 | 17.27.00

Kades Dawuan Tengah Pasrah

CIKAMPEK, RAKA - Pembuangan limbah cair yang diduga dilakukan oleh pabrik yang ada di Kawasan Industri Kujang Cikampek dan Indotaisei ke Sungai Cikaranggelam, rupanya tidak bisa ditahan.
Pemerintah Kabupaten hingga pemerintah desa yang wilayahnya dilintasi Sungai Cikaranggelam terlihat pasrah. Tidak ada upaya untuk memberikan sanksi keras terhadap pabrik-pabrik tersebut. Pasalnya, para pembuang limbah itu hanya diminta membuat ai sumur untuk kebutuhan warga.
Kepala Desa Dawuan Tengah Jejen Zaenal Arifin, ST mengatakan akan mendorong pabrik-pabrik yang membuang limbah ke Cikalanggelam, agar membuat sumur untuk  warganya, yang terkena dampak pembuangan limbah tersebut. "Saya juga tidak akan pernah diam kalau melihat warga kesulitan air bersih," ujarnya kepada Radar Karawang (31/7) kemarin.
Pembuatan sumur itu, kata Jejen, sudah dilakukan oleh beberapa pabrik untuk enam dusun yang ada di Desa Dawuan Tengah, mulai dari Dusun Pajatan, Karangmulya, Poponcol, Karajan, Ciparage, dan Dusun Purbasari. Namun, masih ada beberapa pabrik yang belum membuatkan sumur bersih. "Agar warga saya bisa hidup sehat,". katanya.
Selain itu, dirinya akan menambah tempat-tempat sampah, agar masyarakat tidak membuang sampah ke Sungai Cikalanggelam. Sebelum ke dusun yang lain, dia akan mencoba di Dusun Poponcol, Kampung Geulis dulu sebagai percontohan. "Semoga saja berhasil menyadarkan masyarakat," tuturnya.
Dalam satu tahun, Pemerintah Desa Dawuan Tengah sudah melakukan dua kali pengerukan sampah di Sungai Cikalanggelam. Alhasil belum perubahan, kalau tidak ada kesadaran dari masyarakat. "Kalau selalu mengandalkan pemerintah tidak bakalan teratasi masalah itu, karena harus ada kesadaran juga dari masyarakatnya." pungkasnya.
Hingga berita ini diturunkan, manajemen KIKC belum berhasil dikonfirmasi. Saat didatangi ke tempatnya, salah satu satpam KIKC Suherman mengatakan, para manajernya tidak ada di lokasi. "Ada rapat di Surabaya," ujarnya kepada Radar Karawang, Senin (31/7) kemarin. (cr1)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template