Pedagang Ketupat Mulai Menjamur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pedagang Ketupat Mulai Menjamur

Pedagang Ketupat Mulai Menjamur

Written By Mang Raka on Kamis, 31 Agustus 2017 | 15.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Jelang lebaran Idul Adha 1438 Hijriyah, pedagang bungkus ketupat mulai menjamur di Purwakarta. Umumnya mereka merupakan penjual musiman yang hanya berjualan setahun dua kali yaitu pada Idul Fitri dan Idul Adha.
Seperti yang terpantau Radar Karawang di sepanjang Jalan Pasar Rebo Purwakarta. Para pedagang selongsong ketupat mulai membuka lapak dadakan di bahu jalan itu sejak H-3 Idul Adha, Rabu (30/8). Lokasi jalan itu sengaja dipilih para pedagang musiman, lantaran dinilai cukup strategis dan mudah dijangkau masyarakat. Namun, adapula yang telah menjadikan tempat itu menjadi lokasi tetap tiap tahun berjualan. "Saya buka lapak sejak hari Selasa kemarin dan tiap tahun jualan di sini," kata Dayat (35), salah seorang pedagang asal Bandung Barat.
Dayat mengaku akan berjualan hingga H-1 lebaran Idul Adha. Sementara untuk harga selongsong ketupat buatannya ia jual dengan harga Rp 1.000 per selongsong. Sementara bungkus ketupat itu dijual dalam bentuk ikatan dengan harga Rp 10 hingga Rp 40 ribu per ikat. "Tergantung jumlah ikatanya, karena semakin kecil bentuk ketupatnya semakin mahal harganya,'' kata dia.
Meski tidak merinci berapa penghasilan sehari dari berjualan bungkus ketupat, namun Dayat mengatakan setiap mendekati lebaran banyak pembeli memesan dengan jumlah banyak. "Laku tidak laku kita besok pulang namun saat ini alhamdulilah banyak pesanan bisa lah buat lebaran mah,'' katanya.
Asep Maulana pedagang lainya mengatakan, jumlah penjual bungkus ketupat saat musim Idul Adha lebih sedikit ketimbang raya Idul Fitri. "Gak tau dilokasi lain mah, yang jelas lebaran Idul Fitri kemarin pedagang bungkus ketupat banyak di sini," katanya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template