Pastikan Hewan Kurban Bebas Penyakit - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Pastikan Hewan Kurban Bebas Penyakit

Pastikan Hewan Kurban Bebas Penyakit

Written By Mang Raka on Sabtu, 26 Agustus 2017 | 15.00.00

- Disnakan Libatkan Camat

PURWAKARTA,RAKA - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Purwakarta gaet pemerintah kecamatan untuk mempermudah mengecek kesehatan hewan qurban jelang Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah. Langkah tersebut bertujuan untuk menghindari terindikasi penyakit hewan ternak kurban sebelum disembelih.
Kepala Disnakan Kabupaten Purwakarta Sri wiryasturati mengungkapkan, jika pihaknya sudah jauh-jauh hari telah berkordinasi dengan para camat yang ada di Kabupaten Purwakarta. "Teknisnya jadi sebelum di jual dan disembelih, hewan kurban terlebih dahulu dikumpulkan disatu titik, sehingga hal itu dapat mempermudah kita untuk mengecek kesehatan hewan kurban," ujar Sri, Jumat (25/8).
Ia menjelaskan, upaya tersebut ditempuh untuk memastikan, agar ternak kurban yang nantinya dikonsumsi oleh masyarakat betul-betul sehat dan aman. "Kita akan lakukan pemeriksan secara menyeluruh untuk memastikan bahwa ternak-ternak kurban benar-benar bebas dari penyakit," katanya.
Hal itu wajib dilakukan, sebab kata ia, hewan trnak yang terserang penyakit  tidaklah aman untuk dikonsumsi oleh manusia."Misalnya hewan tersebut memiliki penyakit cacing hati atau penyakit brucelossis," jelasnya.
Dengan langkah tersebut, diharapkan dapat meminimalisir ternak kurban terindikasi penyakit yang membahayakan bagi masyarakat. "Saya berharap, semua hewan kurban sehat dan aman,"harapnya.
Dia juga mengimbau kepada masyarakat, agar secepatnya melaporkan kepada petugas apabila menemukan kejanggalan pada hewan kurban. Imbauan itu, tidak hanya dikhususkan satu wilayah saja, melainkan di semua wilayah di Kabupaten Purwakarta.(gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template