Pasar Hewan Kurban Lesu - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pasar Hewan Kurban Lesu

Pasar Hewan Kurban Lesu

Written By Mang Raka on Sabtu, 26 Agustus 2017 | 12.00.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Pedagang kambing dan sapi di Pasar Hewan Kaligandu, Kecamatan Telukjambe Barat mengeluhkan sepinya permintaan hewan kurban. Padahal jika menghitung hari, pelaksanaan Hari Raya Kurban (idul adha) sudah tinggal enam hari lagi. Pedagang mengaku kesulitan karena menurunnya daya beli.

Menjelang Hari Raya Kurban atau Idul Adha 1438 Hijriah yang jatuh pada 1 September 2017 permintaan hewan kurban di dua kecamatan Telukjambe Barat dan Kecamatan Pangkalan masih sepi pembeli, namun para pedagang tetap menjualnya dengan harga tinggi. "Pembeli yang biasa menjadi langganan pun tahun ini tidak membeli kambing kurban. Kalau dugaan saya karena daya beli konsumen tengah menurun," ungkap Acep (31) penjual hewan kurban asal Kecamatan Tegalwaru, Jumat (25/8).
Bahkan menurut Acep, imbas menurunnya permintaan terhadap hewan kurban imbasnya bukan saja dirasakan para pedagang hewan kurban jenis kambing saja namun penjual sapi pun bernasib sama. "Tahun ini lebih sepi dibanding tahun lalu," tandas Acep seraya mengakui untuk harga kambing jenis jantan harganya memang masih lumayan tinggi.
Pengakuan Acep dibenarkan Ramiyad (40) penjual sapi kurban dan domba di Pasar Kaligandu. Dirinya mengakui dalam satu bulan terakhir mendekati Hari Raya Idul Adha baru saja terjual dua ekor sapi jenis betina. Itu pun yang seekor hasil tukar guling. "Biasanya sih dua hari mau Idul adha, pembeli lumayan bertambah, mudah-mudahan ada rezekinya saya, kalau juga tidak laku jualan sapi saya terpaksa saya pelihara dulu satu atau dua bulan sekaligus gemukin," ucap Ramiyad seraya mengatakan pembeli selain Hari Raya Idul Adha biasanya pembeli regular untuk kebutuhan jualan tangkar atau baso.
Di tempat terpisah Pengurus Pasar Kaligandu, Waway (46) membenarkan jika Pasar Kaligandu untuk penjualan hewan ternak kambing, sapi maupun domba, tidak seramai tahun lalu. Dirinya pun hanya mengandalkan pemasukan dari parkir saja. "Kalau adanya transaksi yang padat, lumayan suka kebagian rezeki, namun sekarang pembelinya sepi ya paling mengandalkan parkir saja. Itu pun cukup lumayanlah kalau saja ada transaksi hewan ternak kadang suka ada saja yang ngasih komisi," ucapnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template