Pancawati Paling Malas Buat SPJ - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pancawati Paling Malas Buat SPJ

Pancawati Paling Malas Buat SPJ

Written By Mang Raka on Sabtu, 26 Agustus 2017 | 15.30.00

-Kepala Desa Diingatkan Penggunaan Dana Desa

KLARI, RAKA - Perangkat Desa se-Kecammatan Klari diberikan pengarahan akan pentingnya penggunaan Dana Desa sesuai peruntukannya. Pasalnya salah saja dalam menggunakan anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belaja Negara (APBN) itu, kepala desa bisa terancam dibui.
Bukan hanya itu, mereka juga diberikan pengarahan agar waspada terhadap oknum yang mengkriminalisasi para kepala desa. Pasalnya  dana desa sering dijadikan modus bagi oknum tertentu untuk melakukan kriminalisasi. "Berdasarkan inturksi dari kejagung, maka kami sampaikan sosialisasi soal dana desa, mulai dari perencanaan, realisasi sampai SPJ. Karena banyak yang mengkriminalisasi," ujar Rachmat Dading Koswara, Kasi Ekbang Kecamatan Klari.
Dia juga menyampaikan, diluar dari Dana Desa, setiap desa harus sampai tuntas dalam menggunakan semua anggaran yang masuk ke desa. Dalam artian setiap desa harus segera membuat surat pertanggung jawaban (SPJ) jika pengerjaan sudah selesai. Karena dengan tanpa SPJ maka anggaran yang seharusnya bisa cair akan terhambat. "Ada yang sudah ada juga yang belum, kita harapkan sih semuanya bisa segera selesai," katanya.
Dikatakan, dari 13 desa yang ada di Kecamatan Klari, baru 12 desa yang SPJ nya sudah selesai, sedangkan satu lagi yaitu desa Pancawati belum selesai. Sedangkan untuk desa yang sudah selesai, saat ini sudah mulai menyusun untuk permohonan pencairan dana desa tahap II tahun 2017. "Yang belum hanya satu desa aja," katanya.
Sedangkan, tambah Rachmat, alasan Desa Pancawati tertinggal dari desa-desa lain, karena pencairan dana desa tahap satu saja baru minggu kemarin. Bahkan saat ini, dana desa tersebut di Desa Pancawati baru akan direalisasikan. "Tapi sebenarnya gak telat juga sih, karena dana desa tahap duanya juga belum dibuka," ujarnya.
Dikatakan, dengan berbagai bantuan seperti dana desa dan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Bantuan Gubernur (bangub) semua disa bisa menggunakannya sesuai peruntukannya. Sehingga tidak ada permasalahan kedepannya. "Untuk Dana Desa tahun 2016, semua sudah merealisasikan," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Awas waspadalah...buat para kades jgn salah langkah jgn silau kuatkan iman..jgn sampai masuk jeruji besi kejaksaan..dan desa hanya buat pembangunan jgn sipake buat memperkaya diri apalgi dipake kawin lagi....hahahahaha.

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template