MI Assasul Islam Juara Umum Jamran Pramuka di Pangkalan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » MI Assasul Islam Juara Umum Jamran Pramuka di Pangkalan

MI Assasul Islam Juara Umum Jamran Pramuka di Pangkalan

Written By ayah satria on Selasa, 29 Agustus 2017 | 16.02.00

PANGKALAN, RAKA - Jambore Ranting (Jamran) yang diadakan Kwartir Ranting Pramuka Kecamatan Pangkalan, menasbihkan Madrasah Ibtidayah Assasul Islam sebagai juara umum.
MI Assasul Islam berada di ujung Desa Mekarbuana itu memang layak juara karena, karena merupakan gugus depan terbaik. Meski di daerah pinggiran, sekolah tersebut menerapkan disiplin tinggi. Sehingga membawa dampak baik, terlebih berbagai potensi dan prestasi sudah banyak ditorehkan siswa dan siswinya. Berbagai perlombaan yang diadakan saat Jamran kemarin pun, semua kelas dan jenis perlombaan mampu didominasi sekolah tersebut.
Pembina sekaligus guru MI Assasul Islam, Wono Sulaeman SPdI mengatakan, kegiatan kepramukaan dirancang dengan berpatokan  pada janji atau satya yang berupa Tri Satya dan ketentuan moral atau Dharma yang berupa Dasa Dharma Pramuka. "Satya dan Dharma Pramuka merupakan suatu norma atau nilai-nilai luhur dalam kehidupan para anggota Gerakan Pramuka yang merupakan ukuran atau standar tingkah laku seorang anggota Gerakan Pramuka," katanya.
Diakuinya, kenyataan yang terlihat bahwa Pramuka hanya kegiatan ekstrakulikuler biasa, hanya untuk suka-suka dan pembinaannya juga kurang. Padahal bila mengambil makna sebenarnya dan menjalankan sepenuhnya, kegiatan Pramuka justru akan melahirkan generasi muda berbakat dan calon pemimpin baru.
Katanya, Pramuka merupakan sebuah kegiatan organisasi pendidikan non formal yang memiliki konsep yang baik dan tersusun rapi. Selain itu, Pramuka juga memberikan manfaat yang besar kepada anak, baik secara langsung ataupun tidak langsung. "Tidak heran lagi jika Pramuka sekarang digalakan di sekolah dan dipandang sebagai kegiatan yang baik bagi anak dan merupakan kebutuhan bagi anak di SD dan madrasah, termasuk sekolah kami," ucapnya.
Perwakilan masyarakat Desa Mekarbuana, H Bubun Mahbuni juga mengatakan, anak-anak sekarang mesti didekatkan dengan kesibukan agar mereka tidak lepas dimakan zaman. "Dan kebanggan kami cukup beralasan karena anak-anak MI Assasul Islam bisa meraih prestasi yang cukup membanggakan bagi kami sebagai warga," tukasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template