Merah Putih Sudah Berkibar di Parungsari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Merah Putih Sudah Berkibar di Parungsari

Merah Putih Sudah Berkibar di Parungsari

Written By Mang Raka on Kamis, 10 Agustus 2017 | 15.00.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Menyemarakkan Hari Kemerdekaan RI ke-72 Agustus mendatang, sebagian besar warga di wilayah Kecamatan Telukjambe Barat mulai berbenah menghias lingkungannya dengan berbagai dekorasi dan pernak-pernik bertema merah-putih.

Seperti terlihat di Desa Karangligar, Parungsari dan Sukamulya, Rabu (9/8) aparatur desa disana dibantu warganya bahu membahu mendekorasi gapura pintu gerbang jalan masuk desa tersebut menjadi lebih cantik. Mereka mengecat total gapura dari yang sebelumnya berwarna abu-abu menjadi merah-putih sekaligus memasang spanduk bertuliskan “Dirgahayu 72 Republik Indonesia”. Tak terkecuali Jalan utama desanya masing-masing, masyarakat terutama Ibu-ibu sibuk membersihkan lingkungannya.
Kepala Urusan (Kaur) Pemerintahan Desa Karangligar, Sunandi mengatakan sudah menjadi hal rutin setiap menjelang hari Kemerdekaan RI pemerintah desa dan warga melakukan sejumlah persiapan dan penataan lingkungan desa agar terlihat cantik dan bersih. Hampir seluruh gapura di lima dusun yang ada di desa tersebut dihias dengan tema merah-putih dan segala pernak-pernik semangat perjuangan.
"Selain menghias gapura, kami juga melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan seperti membabat rumput di pinggir jalan dan membersihkan sungai. Sebetulnya kegiatan bersih-bersih adalah kegiatan rutin desa kami setiap hari Jumat yang dikenal dengan sebutan Jumsih, tapi khusus menjelang Hari Kemerdekaan ini kegiatannya lebih istimewa," paparnya.
Khusus untuk gapura desa, lanjut Sunandi, dekorasinya mengangkat tema merah-putih sekaligus memunculkan gambar tanaman Padi. Hal ini, kata dia, untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas salah satu komoditi unggulan desa Karang ligar yaitu Padi yang juga sebagai ciri khas Kabupaten Karawang. "Kebetulan dekorasi gapura ini juga dilombakan yang disponsori oleh Pemerintah Desa Karangligar. Namun yang terpenting adalah semangat warga kami mengisi dan memeriahkan Hari Kemerdekaan ini dengan kegiatan positif dan bermanfaat untuk sesama dan juga bangsa,” ujar Suhadi.
Selain itu, lanjut Suhadi, saat ini warga juga tengah menyiapkan sejumlah kegiatan untuk memeriahkan HUT RI ke-72 nanti berupa aneka lomba dan pesta rakyat baik di tingkat dusun maupun desa. Rencananya, kegiatan lomba-lomba ditingkat dusun akan diadakan tepat pada tanggal 17 Agustus, sedangkan di tingkat desa yang kepanitiannya akan dipegang oleh para pemuda Karang Taruna akan digelar tiga hari berikutnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template