Keliru Kelola Administrasi Dana Desa Bisa Dibui - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Keliru Kelola Administrasi Dana Desa Bisa Dibui

Keliru Kelola Administrasi Dana Desa Bisa Dibui

Written By Mang Raka on Rabu, 09 Agustus 2017 | 12.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Ini peringatan bagi para kepala desa. Dana desa yang jumlahnya miliaran rupiah bisa berujung petaka, jika salah mengelola administrasi keuangan. Walaupun infrastruktur fisik yang dibangun sudah sesuai dengan ketentuan.
Mengantisipasi itu, Kejaksaan Negeri Karawang bersama pejabat Bagian Hukum Pemerintah Kabupaten Karawang turun gunung memberikan penyuluhan hukum kepada pemerintah desa dan perangkat kecamatan, di kantor Kecamatan Lemahabang, Selasa (8/8) kemarin.
Hary Royon, pejabat Kejari Karawang mengatakan, ada beberapa laporan yang masuk terkait dugaan penyimpangan dana desa. Terlepas muatan politis pilkades atau pihak-pihak yang berseteru dengan kades, pihaknya tetap menerima laporan tersebut.
Dia mengingatkan para kepala desa, sebagus apapun infrastruktur fisik, jangan pernah menyepelekan administrasi. Karena administrasi yang rapi dan kuat bisa menjadi bukti konkrit hasil pembangunan yang dilakukan pemerintah desa. "Jangan pernah sepelekan administrasi desa. Sebagus apapun fisik kalau tidak rapi, ini punya konsekuensi tersendiri," katanya.
Kades Lemahabang Rusli Sumawinata mengatakan, penyuluhan hukum ini penting diketahui agar pemerintah desa tidak salah langkah mengeluarkan kebijakan yang bisa berbenturan dengan masalah hukum.  Alur dan prosedur kewajibannya sebagai kades perlu terus dibina, agar segala bentuk program berjalan lancar.
Karenanya, dia sadar betul kerapihan administrasi desa itu penting. Sehinga dalam setiap kali musyawarah, hasil kesepakatan dan dokumen itu harus sesuai dan dibuktikan dengan notulensi, seperti berita acara dan administrasi konkret lainnya. Tidak bisa sebut Rusli, kebijakan kades sesuai selera. Karena dibalik semua kebijakan itu ada konsekuensi hukumnya. "Administrasi yang konkret itu penting, semua minimal harus ada berita acaranya," ungkapnya.
Camat Lemahabang H Hamdani S.IP berharap, kegiatan serupa rutin digelar agar pemahaman hukum yang berkaitan dengan administrasi pemerintahan dipahami semua elemen pemerintahan. Mulai dari desa dan kecamatan bisa semakin melek hukum. "Kita apresiasi penyuluhannya. Semoga menambah wawasan pengetahuan dari sisi hukum di semua pemerintahan, baik desa maupun kecamatan," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

  1. Wah asik nih..sebentar lagi bakal banyak kepala desa masuk bui...apalgi kepala desa tuk wilayah karawang selalu ingin terlihat kaya dan nikah lagi..pa jaksa siap2 banyakin kamar berjeruji...mantap

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template