Karangtaruna Purwasari Dukung Pemekaran Cikampek - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Karangtaruna Purwasari Dukung Pemekaran Cikampek

Karangtaruna Purwasari Dukung Pemekaran Cikampek

Written By Mang Raka on Jumat, 04 Agustus 2017 | 12.30.00

PURWASARI, RAKA - Dukungan pemekaran kota Cikampek semakin menguat. Kali ini giliran Karangtaruna Purwasari melontarkan dukungan. Pemekaran Cikampek menjadi kota dinilai perlu dilakukan, termasuk menarik Kecamatan Purwasari menjadi bagian dari kota Cikampek.

"Intinya kami sepakat dan setuju adanya pemekaran Kota Cikampek. Purwasari termasuk salah satu kecamatan didalamnya," ujar Ketua Karawangtaruna Purwasari Endang Suharta,SH,MH kepada Radar Karawang, Kamis (3/8).
Tokoh pemuda yang berprovesi sebagai advokat dan berkantor di Karawang Kota ini juga menyampaikan, luas wilayah dan jumlah penduduk karawang sudah terlalu besar. Harus dilakukan pemekaran-pemekaran wilayah, agar pembangunannya bisa lebih fokus. "Memang sudah waktunya Cikampek dimekarkan. Lihat saja pembangunan saat ini di Karawang, masih belum merata terutama dipelosok-pelosok desa," ujarnya.
Dia juga memaparkan bagaimana aturan main atau prosedur untuk pemekaran daerah otonomi baru (DOB). Berdasarkan undang-undang 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah. Disana disebutkan beberapa pasal yang menyebutkan soal pemekaran atau penggabungan wilayah. Untuk persyaratan dasarnya sendiri disebutkan di pasal 34, diantaranya harus ada luas wilayah minimal, jumlah penduduk minimal, batas wilayah minimal dan usia minimal wilayah yang akan dimekarkan harus lebih dari lima tahun.
Kemudian pasal 35 ayat 4 huruf c menyebutkan pembentukan daerah baru minimal atau paling sedikit 4 kecamatan untuk daerah kota. Ayat 6 huruf b batas minimal kecamatan yang menjadi cakupan wilayah kota minimal 5 tahun terhitung dari tanggal pembentukan. Pasal 36 nya disebutkan, persyaratan dasar kapasitas daerah diantaranya geografi, demografi, keamanan, sosial politik, adat dan tradisi, potensi ekonomi, keuangan daerah dan kemampuan penyelenggaraan pemerintahan.
Pasal 37 persyaratan administratif huruf b poin (1) Keputusan musyawarah desa yang akan menjadi cakupan wilayah kabupaten, (2) persetujuan bersama kab/kota induk DPRD dengan Bupati, (3) persetujuan DPRD Provinsi dengan gubernur. "Saya kira kalau melihat peraturan perundang-undangan. Kota Cikampek sudah layak dimekarkan dengan wilayah meliputi Cikampek, Kotabaru, Tirtamulya dan Purwasari," terangnya.
Oleh karenanya, baik secara pribadi maupun organisasi, dia sangat mendukung adanya rencana pemekaran kota cikampek. Bahkan ketua-ketua karngtaruna dari empat kecamatan itu sudah mulai melakukan komunikasi untuk membahas persiapan pemekaran. "Saya juga terus berkomunikasi dengan rekan-rekan karangtaruna kecamatan lain dan berdiskusi soal pemekaran kota Cikampek," ujarnya.
Sementara Ketua Presidium Pemekaran Kota Cikampek H Nandang Saefudin Zenju menyampaikan untuk pembahasan draf persiapan pemekaran kota Cikampek sudah banyak rekan-rekan akademisinya yang siap untuk membantu. "Sudah banyak yang siap membantu dari para akademisi. Jadi ini akan semakin mudah untuk sampai Kota Cikampek terbentuk," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template