Kades Cikampek Selatan Pecat Ketua RT dan RW - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Cikampek Selatan Pecat Ketua RT dan RW

Kades Cikampek Selatan Pecat Ketua RT dan RW

Written By Mang Raka on Senin, 21 Agustus 2017 | 14.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Kepala Desa Cikampek Selatan Heru Sopandi dinilai telah bersikap arogan. Pasalnya hampir semua Ketua RW dan RT di Desa Cikampek Selatan diganti secara sepihak oleh Kepala Desa. Akibatnya sejumlah Ketua Rw dan RT yang tidak terima menyampaikan keluhannya kepada tokoh masyarakat setempat.
"Hampir semua Ketua Rw dan Ketua RT diganti secara sepihak. Mereka banyak ngadu kesaya," ujar tokoh masyarakat Cikampek Pusaka H Sodikin Suganda.
Menurutnya, yang menjadi hak preogatif kepala desa adalah kepala kewilayahan atau wakil. Sedangkan Ketua RT atau Ketua RW sebelum diangkat prosesnya harus melalui pemilihan. "Jadi kami menduga Pak Kades tidak sesuai prosedur. Ini merupakan bentuk arogansi," katanya.
Tokoh masyarakat yang tinggal di Dusun Karanganyar, Rt 03/12 itu juga menyampaikan, di Cikampek Selatan semuaya ada 13 RW, semuanya diganti kecuali RW 13, karena merupakan RW baru yang akan dibentuk. RW tersebut ada di Perumahan Green Erpina. "Mereka semua yang ngadu kesaya minta kejelasan dasar hukumnya," ujar Dikin sapaan akrab H Sodikin Suganda yang didampingi salah satu ketua RT yang diganti.
Sementara Kepala Desa Cikampek Selatan Heru Sopandi, mengaku proses pergantian Ketua RT dan RW itu bukan tanpa dasar. Itu semua berdasarkan Bimbingan Teknis (Bintek) yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) seminggu setelah dirinya dilantik. Dalam Bintek dijelaskan, kata Heru, karena Ketua RT dan Ketua RW itu merupakan lembaga kemasyarakatan dan bukan jabatan politik, maka untuk mempermudah kinerja Kepala Desa diperbolehkan menggantinya atas usulan Kades sendiri. "Di undang-undangnya disebutkan Ketua RT/RW dipilih secara musyawarah untuk mufakat. Jadi kalau kinerjanya gak baik, saya akan ganti lagi," ujarnya.
Dia juga membantah kalau dia disebut arogan, karena secara administrasi sudah dilakukan. Dengan mengeluarkan surat pemberhentian Ketua RT/RW lama dan meng SK kan ketua RT/RW yang baru. "Silahkan saja cek di desa lain. Mungkin hanya sedikit yang mengeluarkan SK untuk RT dan RW," ujarnya.
Dia juga menyampaikan, apa yang dilakukanya dengan mengganti ketua RT/RW secara sepihak juga terjadi pada hampir setiap desa. Tetapi sampai saat ini tidak ada persoalan atas langkah yang dilakukan oleh para Kades lain yang ada di Kabupaten Karawang. "Makanya saya juga berani karena memang desa-desa lain juga seperti itu," ujarnya.
Lebih lanjut dia menyampaikan, sebenarnya alasan utama dari diberhentikannya sejumlah Ketua RT dan RW di Cikampek Selatan adalah karena mereka tidak bisa menjalankan tupoksinya dengan baik. Dia mencontohkan, setelah seminggu dirinya menjabat sebagai Kepala Desa Cikampek Selatan, kedatangan tamu dari PLN untuk mengambil data warga yang berhak mendapatkan listrik subsidi. Tetapi hampir semua Ketua RT dan RW yang ada, tidak memegang data tersebut. Bahkan sampai dirinya harus nego ke PLN agar ada perpenjangan batas akhir penyetoran data. "Makanya diganti. Setelah diganti, mereka (RW dan RT baru) langsung bekerja dengan baik. Saya butuh orang yang bisa kerja bareng-bareng. Untuk kemajuan desa," ujarnya.
Bukan hanya itu, bahkan selain tidak menjalankan tupoksi dengan baik. Mayoritas Ketua RT dan RW yang lama memiliki kepribadian yang kurang baik. Sehingga bisa berdampak buruk kepada masyarakat. Karena mau tidak mau, kata Heru, Ketua RT atau RW itu adalah orang yang harus bisa menjadi panutan bagi warganya. "Yang diganti itu tidak semuanya. RW 5 dan RT-RT-nya gak ada yang diganti. Karena mereka semua siap bekerja. Terus RW 6 yang diganti hanya satu Ketua RT nya, itu juga karena dia bukan warga Cikampek Selatan, domisilinya Ciamis," pungkasnya.
Sementara Kabid Kelembagaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Karawang Agus Somanti belum memberikan keterangan terkait hal tersebut. Meski sudah dihubungi dan dikirim pesan singkat oleh Radar Karawang. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template