Jalan Rusak Kampung Bunder Diperbaiki - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jalan Rusak Kampung Bunder Diperbaiki

Jalan Rusak Kampung Bunder Diperbaiki

Written By Mang Raka on Kamis, 31 Agustus 2017 | 13.00.00

PANGKALAN, RAKA - Akhirnya Jalan Badami Loji yang amblas sepanjang 30 meter akibat gerusan air sungai Cibeet persis di perlintasan Kampung Bunder Desa Tamansari diperbaiki. Diperkirakan pekerjaan rampung dalam dua minggu kerja.

Pimpinan proyek perbaikan jalan Agus Sudaman ST dari PT. Jui-Shin, mengatakan kepada Radar Karawang Rabu (30/8) kalau renovasi jalan amblas yang menelan anggaran hingga Rp 240.000.000 itu diperkirakan rampung dua minggu ke depan. Pekerjaan dilakukan dalam dua lajur yang sama karena jalan yang tergerus ada di dua titik di jalur yang sama yaitu pinggiran jalan utama Badami-Loji. "Supaya tidak amblas karena jalan tersebut merupakan lintasan kendaraan berat maka pembangunan jalan harus kokoh dan kuat," tandas Agus.
Dirinya pun menyampaikan agar pengguna jalan berhati-hati di lintasan tersebut. Sementara untuk mengantisipasi kemacetan diberlakukan buka tutup jalan yang saat ini dibantu masyarakat sekitar. "Pengguna jalan dihimbau supaya berhati-hati. Kalau malam gelap karena tidak ada lampu penerangan jalan," ucapnya.
Sementara, Warga sekitar, Yudi menyampaikan jika perbaikan tersebut memang sangat diharapkan karena mengingat kekhawatiran warga jika terus tergerus maka jalan akan alami putus akses. Padahal jalan itu sangat penting bagi masyarakat Karawang selatan. "Untungnya di dua akses itu akan di asang bronjong pengikat agar tanah tidak labil juga mampu mengantisipasi gerusan sungai Cibeet. Memang kalau di musim kemarau sih tidak terlalu khawatir, namun kalau nanti masuki musim penghujan sangat khawatir sekali karena deras air bukan saja dari Sungai Cibeet tapi dari atas perbukitan kapur juga.
Di tempat terpisah, tokoh masyarakat Desa Tamabsari Dede (61) menerangkan jika saat ini kondisi sungai Cibeet mengalami pendangkalan sehingga saat hujan besar air dengan mudah menggerus jalan utama. Dirinya membenarkan di titik jalan bawah ke atas Kampung Bunder di jalan utamanya pernah mengalami banjir besar tahun 2005 lalu. Bahkan saat itu warga yang melintas terpaksa menggunakan perahu. (yfn)



Renovasi Jalan Kampung Bunder
Titik I : 30 meter
Biaya   : Rp 80 Juta
Kondisi jalan Amblas


Titik II : 60 meter
Anggaran : Rp 120 juta
Kondisi Jalan Berkeroak


Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template