Hitungan Hari Jalan Dusun Karangtanjung Sudah Rusak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hitungan Hari Jalan Dusun Karangtanjung Sudah Rusak

Hitungan Hari Jalan Dusun Karangtanjung Sudah Rusak

Written By ayah satria on Sabtu, 05 Agustus 2017 | 11.45.00

CIBUAYA, RAKA- Proyek pembangunan jalan lingkungan yang terletak di Dusun Karangtanjung, Desa Gebangjaya, Kecamatan Cibuaya, yang bersumber dari anggaran Dana Desa (DD) tahun 2017 diduga dikerjakan tidak sesuai petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan terkesan dikerjakan asal jadi. Alhasil masyarakat merasa kecewa karena baru beberapa hari dibangun, jalan tersebut sudah retak dan rusak.
Tokoh masyarakat Karangtanjung, Aping, ketebalan jalan lingkungan tersebut pada bagian tengahnya kurang lebih hanya 9 sentimeter. Padahal seharusnya jika sesuai dengan petunjuk pelaksanaan proyek pembangunan jalan lingkungan (jaling) tersebut, ketebalan harus merata 15 sentimeter. "Kami menyaksikan langsung proses pembangunannya, dan benar saat itu yang tebalnya 15 sentimeter hanya bagian pinggir saja, sedangkan tengah jalan hanya 9 sentimeter, makanya jalan ini cepat rusak," terangnya, kepada Radar Karawang, Jumat (4/8)
Lebih lanjut dia mengatakan, proyek pembangunan yang dibiaya oleh Dana Desa tahap 1 tahun 2017 tersebut, membangun jalan lingkungan sepanjang 604 meter dengan lebar 2 meter serta ketebalan 15 sentimeter.  Tetapi pada prakteknya pihak desa terindikasi mengurangi ketebalan jalan dengan cara melakukan pengarugan seperti punggung kura-kura, sebelum dilakukannya pengecoran. "Saat dibangun jalan diarug dulu seperti punggung kura-kura, sehingga pinggirnya tebal sementara tengahnya tipis, saya menyaksikannya langsung, maka tak heran saat ini jalannya sudah pada retak," tegasnya.
Kerusakan jalan yang baru dibangun tersebut menjadi sorotan tajam warga setempat dan diduga pihak kepala desa sebagai penanggung jawab sengaja mengurangi volume jalan, untuk mendapat keuntungan pribadi. Dia mengatakan, pada saat pembangunannya, jaling tersebut sangat tipis diduga tidak sesuai dengan rancangan anggaran belanja, kualitas jalannya pun sangat di ragukan. “Proyek ini tidak transparan, juga berapa anggaran pembangunan tersebut. Kalau memang anggarannya sedikit, masyarakat tidak mempermasalahkan. Tapi yang jadi masalah kalau anggaran Dana Desa ini besar, masa dikerjakan tipis seperti ini. Anggaran tersebut seharusnya punya dampak yang baik bagi masyarakat,” ungkapnya.
Menurutnya, bagaimana suatu desa dapat berkembang di bidang pembangunan maupun di bidang ekonomi, apabila dana yang masuk dan diserap desa hanya menguntungkan oknum pejabat saja. “Kalau begini kan jadi tanda tanya. Karena sudah sangat jelas, kalau pengerjaan proyek jalan lingkungan ini terkesan asal jadi. Perhatikan saja, baru juga berapa hari jalnnya sudah rusak,” imbuhnya.
Sementara itu, ketika berusaha dikonfirmasi, Kepala Desa Gebangjaya, Kecamatan Cibuaya Karsim WS, tidak bisa ditemui di rumah dan di kantornya tidak ada. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template