Hidup Sehat Hak Semua Anak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hidup Sehat Hak Semua Anak

Hidup Sehat Hak Semua Anak

Written By Mang Raka on Selasa, 08 Agustus 2017 | 14.00.00

*Puskesmas Telukjambe Barat Kendalikan Campak

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Untuk mengendalikan campak dan rubella, seperti congenital rubella syndrome yang mengakibatkan kecacatan bawaan bagi bayi dalam kandungan, Puskesmas Telukjambe Barat, Senin (7/8) menggelar imunisasi campak dan rubella (Measles Rubella). Kegiatan itu dilakukan terhadap anak dari tingkatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanan-kanan (TK) dan Sekolah Dasar (SD), atau anak dari kalangan usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Imunisasi campak ini sebetulnya sudah berlangsung bertahun-tahun. Dahulu namanya bulan imunisasi. Dalam bulan tersebut anak-anak Indonesia menerima imunisasi campak dan polio secara serentak. Imunisasi itu sendiri merupakan komitmen Pemerintah Indonesia untuk menghilangkan penularan dan populasi virus campak dan rubella di tahun 2020.
Jika hanya dengan imunisasi rutin saja tidak akan cukup untuk membebaskan Indonesia dari campak. Sehingga diperlukan gebrakan kegiatan vaksinasi tambahan berskala nasional. “Imunisasi tersebut bertujuan mengendalikan campak dan rubella yang kemudian diikuti peralihan pemakaian vaksin campak menjadi vaksin Meases Rubella (MR) ke dalam program imunisasi," tandas Kepala Puskesmas Telukjambe Barat H. Guruh, penyandang gelar Sarjana di bidang kesehatan ini.
Dia mengatakan imunisasi campak dan rubella merupakan hal wajib dilakukan karena merupakan hak yang harus diberikan kepada anak. Seperti juga orang dewasa orang dewasa anak-anak juga memiliki hak yang harus dipenuhi yakni hak untuk bisa hidup sehat dan terbebas dari penyakit berbahaya yang bisa menyerang anak. "Hidup sehat adalah hak semua anak," tandas Guruh.
Menurutnya, imunisasi MR diberikan untuk melindungi anak Indonesia dari penyakit kelainan bawaan seperti gangguan pendengaran, gangguan penglihatan, kelainan jantung dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella pada saat kehamilan. Kita ingin mewujudkan anak Indonesia yang sehat dan berkualitas di kemudian hari.
Pemberian imunisasi, sambung Guruh dilaksanakan dalam dua fase, yakni pada Agustus hingga September 2017 di seluruh wilayah Kabupaten Karawang. “Pemberian imunisasi ini diberikan kepada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Kurang lebih sebanyak seratus empat puluh lima ribu jiwa anak yang mendapat Imunisasi tersebut. Sedangkan target yang kita inginkan dari pelaksanaan imunisasi ini 100 persen,” tuturnya.
Di tempat terpisah, Bidan Titin, Ketua Panitia Pemberian Imunisasi ke tiap-tiap sekolah yang ada di lingkungan Telukjambe Barat menerangkan jika pelaksanaan hari ini saja target imunisasi kepada 5 sekolah dengan jumlah target sebanyak 500 siswa, baik tingkat SD dan SMP. Sebagai langkah awal, imbuh Titin, Pemerintah Kabupaten Karawang melakukan imunisasi campak di sekolah-sekolah dan dilanjutkan ke posyandu-posyandu se Kabupaten Karawang. “Secara serentak puskesmas se Kabupaten Karawang melaksanakan pemberian imunisasi campak dan rubella ke sekolah sekolah termasuk di Sekolah dasar Islam Terpadu (SD - IT)  Pasirjengkol, Desa Karangmulya," ucapnya.
Lanjut Titin Investasi untuk memerangi campak dan rubella, suatu keharusan yang dilaksanakan oleh tiap-tiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Karawang, sehingga masyarakat bisa terbebas dari penyakit Measles dan Rubella. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template