Guru Ancam Demo Jika Dimutasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Guru Ancam Demo Jika Dimutasi

Guru Ancam Demo Jika Dimutasi

Written By Mang Raka on Kamis, 03 Agustus 2017 | 14.00.00

KOTABARU, RAKA - Memasuki tahun ajaran baru, sekolah disibukkan dengan berbagai urusan. Salah satunya mutasi guru. Namun, apa jadinya jika guru yang akan dipindahtugaskan, tidak mau mengajar di sekolah lain.
Seperti yang sedang terjadi di SD negeri di Kotabaru. Sejumlah guru akan berunjuk rasa jika pemindahan tugas tersebut tidak sesuai dengan prosedur. Nunu, salah satu guru mengaku sudah menerima bocoran bahwa namanya termasuk yang akan dimutasi ke sekolah lain. Namun, dirinya merasa bingung jika pemindahan tersebut tidak berdasarkan tugas dan fungsinya. "Sekarang semua guru khususnya sekolah dasar lagi penasaran semua, siapa yang mau dipindahkan. Mungkin semua guru dirotasi," katanya kepada Radar Karawang, Rabu (2/8) kemarin.
Sampai saat ini, keputusan mutasi tersebut belum diputuskan, namun sudah membuat guru resah. Bahkan kata dia, jika keputusan pemindahan tidak berdasarkan penilaian apapun. Dan hanya dari keputusan prerogatif dari pimpinan, itu mesti dipertimbangkan terlebih dahulu. Jangan sampai, kata dia, keputusan tersebut hanya dilihat dari satu sudut pandang saja. "Kita lihat aja hasilnya nanti, kalau ada pemindahan tugas jadi dan tidak berdasarkan penilaian apapun, kita siap aksi," ungkapnya.
Sementara Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kotabaru Iwa Rihana menjelaskan, pemindahan tugas guru mengajar tidak serta merta tanpa adanya penilaian. Justru kata dia, ada beberapa penilaian ketika guru tersebut mendapatkan pemindahan tugas. "Banyak penilaiannya juga, tidak sembarangan pindah tugas," ucapnya.
Pertama kata dia, guru yang akan diberikan tugas yang lebih berat dari guru lainnya, maupun jabatan lebih itu sedang dipromosikan untuk menjadi pimpinan. Kedua, ketika guru tersebut dipindahtugaskan, itu karena ada penilaian buruk dari sekolah. Jadi baginya jika pimpinan sekolah maupun UPTD Pendidikan tidak bisa memindahkan guru dengan mudah, harus disesuaikan dengan penilaian selama guru tersebut bertugas. "Iya dong harus sesuai dengan prosedur dan penilaian dari guru itu sendiri. Kalau mau pindah seenaknya saja, ribut sama saya. Harus melalui organiasasi juga seperti PGRI," tegasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template