Galang Dana HUT Kemerdekaan Jangan Mengencleng - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Galang Dana HUT Kemerdekaan Jangan Mengencleng

Galang Dana HUT Kemerdekaan Jangan Mengencleng

Written By Mang Raka on Kamis, 10 Agustus 2017 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat menyoroti hari kemerdekaan Indonesia. Menurut dia HUT RI saat ini mengalami kemunduran.

Ustad Hasan Saripudin menyampaikan hal itu ketika berlangsung rapat minggon Kelurahan Tanjungmekar, Kecamatan Karawang Barat. Dirinya mengatakan jika bulan Agustus merupakan bulan yang sangat penting bagi bangsa Indonesia, dimana pada bulan tersebut merupakan kelahiran Indonesia dari hasil perjuangan bangsa terdahulu dimana peran pahlawan dan ulama yang terus berjuang demi memerdekakan Indonesia. "Bulan Agustus itu bulan karomah, dimana negara Indonesia lahir tepat pada bulan ini," terangnya kepada Radar Karawang, Rabu (9/8).
Kata hasan, kelahiran bangsa Indonesia bukan hanya saja lahir dari parapahlawan yang terus menerus berjuang hingga meninggal dunia di medan peran, melainkan perjuangan tersebut atas jasa para alim ulama. Mereka tidak sempat merasakan kemerdekaan Indonesia tetapi harus mengoorbankan nyawanya untuk kemerdekaan. "Saya paling sedih kalau sudah ada yang mengatakan kalau menghormati bendera itu haram," terangnya.
Menurut Hasan, memang betul jika melakukan penghormatan terhadap bendera itu memang haram, dikarenakan menghormati suatu benda yang tidak hidup. Namun dikebanyakan orang yang tidak mengerti apa yang berada di dalam bendera tersebut sehingga sang saka merah putih itu selalu dikibarkan dan dihormati. "Para pahlawan itu tidak ada yang menikmati kemerdekaan, oleh sebab itu kita sebagai generasi penerus bangsa patut untuk terus memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dengan bersyukur," terangnya.
Terlebih saat ini banyak generasi muda bahkan sudah menjadi hal yang lumrah dimana saat menjelang agustusan banyak di masyarakat yang melakukan kenclengan, atau meminta sumbangan dari para pengendara motor dan mobil disetiap jalanan. Hal itu kata Hasan tidak baik dilakukan, karena setahunya jika saja saat akan melakukan syukuran menjelang Agustus itu cukup dengan melakukan pembuatan proposal dan dilakukan secara suka rela terhadap masyarakat sekitarnya. "Anjuran saya buat proposal jangan mengencleng itu kurang baik, dan lakukan kegiatan-kegiatan yang beranfaat," ucapnya.
Ketua RW 011 Kelurahan Tanjungmekar, Suparta (51) menyampaikan, pihaknya sangat mendukung apa yang disampaikan Ustad Hasan Saripudin dimana penerus bangsa Indonesia saat ini selalu berbuat ngencleng saat mendekati peringatan hari kemerdekaana. "Ngencleng itu sekarang sudah menjadi budaya. Alhamdulillah kita belum pernah lakukan itu. Tetapi menurut saya mengencleng hal yang wajar karena mungkin kekurangan dana," terangnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template