FSPMI Desak PT Kinugama Penuhi Hak Buruh - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » FSPMI Desak PT Kinugama Penuhi Hak Buruh

FSPMI Desak PT Kinugama Penuhi Hak Buruh

Written By Mang Raka on Jumat, 11 Agustus 2017 | 15.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Sedikitnya 50 buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), menggelar aksi solidaritas di depan PT Kinugama di Kawasan Industri Bukit Indah City Purwakarta, Kamis (10/8). Aksi tersebut dilakukan, sebab pihak perusahaan dinilai arogan lantaran telah memecat 19 pekerja tanpa diberikan upah. Aksi demo solidaritas itu sendiri bukan kali pertama dilakukan. Namun, sudah hampir ketiga kalinya para buruh menggelar aksi menutut perusahaan yang bergerak di bidang komponen otomotif itu untuk segera memenuhi hak buruh.
Ketua FSPMI Purwakarta Ade Supiani mengatakan, jika aksi ini digelar lantaran pihak perusahaan dianggap melanggar perjanjian. Sebab kata ia, sebelumnya telah disepakati Bipartit antara PT KINUGAWA dengan PUK jika perusahaan bakal mengangkat buruh kontrak menjadi buruh tetap pada 2 Agustus lalu serta telah di SK kan sebanyak 16 buruh. "Anehnya setelah beberapa hari Kesepakatan yang sudah ditandatangani itu berujung dengan dirumahkanya 16 buruh yang diangkat bahkan ditambah lagi dengan 3 orang dirumahkan,'' kata.
Ditambah lagi, kata Ade, kondisi itu diperparah dengan para buruh yang di rumahkan tersebut tidak mendapat kan upah sepeserpun. "Alasan dari pihak perusahaan PT Kinugawa pusat bahwa ke 19 buruh yang telah diangkat sebagai buruh tetap itu, seharusnya di Putus Hubungan Kerja (PHK) bukan untuk diangkat sebagai buruh tetap,'' kesalnya.
Karena dianggap telah melanggar undang-undang, kemudian waktu itu juga para buruh langsung melaporkan kejadian tersebut kepada dinas tenaga kerja serta DPRD Purwakarta yang membidangi. "Tetapi pelaporan itu tidak membuahkankan hasil, sehingga kami tepaksa menggelar aksi unjuk rasa serta aksi solidaritas dari buruh yang tergabung dalam serikat FSPMI untuk menduduki akses depan masuk pintu masuk PT. Kinugawa,'' katanya.
Aksi ini, menurut Ade, akan terus digelar sampai tuntutan para buruh dikabulkan perusahaan. Ia menegaskan, jika sampai waktu yang telah ditentukan pihak perusahaan tetap enggan menanggapi tuntutan buruh dirinya berjanji bakal menggelar aksi kembali dengan jumlah massa banyak. "Jika sampai tanggal 15 Agustus pihak perusahaan masih tetap tidak merespon maka dapat dipastikan tanggal 16 Agustus nanti kita akan menggelar aksi dengan jumlah besar," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template