Direlokasi, PKL Cikampek Berburu Modal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Direlokasi, PKL Cikampek Berburu Modal

Direlokasi, PKL Cikampek Berburu Modal

Written By Mang Raka on Kamis, 10 Agustus 2017 | 16.00.00

-Paguyuban Gandeng Dinas Koperasi

CIKAMPEK, RAKA - Tidak lama lagi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menutupi jalan Terminal Cikampek akan ditertibkan. Masing-masing koordinator pedagang saat ini disibukan menyiapkan administrasi pedagang, agar bisa terdaftar di PT Selindo. Sementara yang dilakukan oleh Paguyuban Pedagang Kaki Lima Pasar Cikampek (PPKLPC), akan segera menggandeng Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk memperkuat permodalan. "Kalau kami akan menggandeng Dinas Koperasi untuk memperkuat status dan permodalan para PKL," ujar Zaenudin (46) kepada Radar Karawang, baru-baru ini.
Dia menyampaikan, segala sesuatunya sudah mulai dipersiapkan, mulai dari data anggota, berkas lembaga yang berbadan hukum dan lain sebagainya. Bahkan untuk bisa mengikuti program pemerintah tentang adanya relokasi para PKL saat ini, para PKL yang dikomandoi oleh dirinya sudah mendaftarkan diri ke PT Selindo. "Kalau jumlah sementara ada 259 orang, semuanya sudah siap pindah ke Selindo," katanya.
Ia juga menyampaikan, saat ini sudah terus dilakukan pembenahan terhadap para PKL yang akan pindah ke Selindo. Bahkan tiap hari kian berkurang PKL yang membuka lapak di sepanjang jalan Terminal Cikampek. "Sudah mulai pada siap-siap relokasi. Temen-temen sudah mulai bersih-bersih tempat barunya," ujarnya.
Sementara Mantri Pasar Cikampek Hasan Mahfud mengaku, semua PKL yang ada di pasar Cikampek terutama yang saat ini berjualan di sepanjang jalan Terminal Cikampek, bisa tertampung di PT Selindo. Karena selain kios-kios yang akan diisi, tempat-tempat kosong yang ada di halaman pertokoan Selindo juga akan digunakan untuk lapak para PKL. "Tapi kalau yang menempati lapak itu, khusus untuk PKL yang jualannya malam hari," ujarnya.
Dengan demikian, meski mereka menempati lapak di depan pertokoan pedagang yang sudah menempati toko PT Selindo, tetap tidak akan mengganggu. Karena di siang hari mereka tidak jualan, sehingga toko-toko yang sekarang sudah terisi dan rata-rata digunakan oleh penjual barang-barang elektronik, tetap bisa berjualan seperti biasa. "Semuanya sudah terkomunikasikan dengan baik, jadi hanya tinggal jalan," ujarnya.
Sedangkan selain PKL yang dikoordinir oleh paguyuban, ada juga PKL yang dikoordinir oleh forum. Untuk jumlahnya sendiri sekitar 139 orang. Jika melihat data tersebut, dia optimis proses relokasi akan berjalan dengan baik. "Paling nanti kalau tidak masuk semua ke Selindo, diarahkan ke Pasar Plaza Cikampek," ujar Mahfud seraya menyampaikan batas relokasi tanggal 12 Agustus. (zie).

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template