Diawasi Hingga Disembelih - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Diawasi Hingga Disembelih

Diawasi Hingga Disembelih

Written By Mang Raka on Kamis, 31 Agustus 2017 | 12.00.00

*DP2KH Pastikan Kesehatan Hewan Kurban

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Menjelang pelaksanaan perayaan Idul Adha Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Dinas Pertanian Peternakan dan Kesehatan Hewan mengerahkan seluruh tenaga pengawas di semua kabupaten/kota untuk memantau kondisi kesehatan hewan kurban hingga berlangsung penyembelihan.

"Kami akan mengecek langsung kesehatan hewan kurban di setiap penjual dan peternak yang ada di lingkungan kami," tandas Kepala UPTD Pertanian dan Peternakan Kecamatan Telukjambe Barat Drs. Abidin saat melakukan pengecekan hewan kurban yang dijual pedagang di wilayah Kampung Karangmulya Desa Wanasari kepada Radar Karawang, Rabu(30/8).
Dia menyampaikan, pemantauan dan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan kurban untuk memastikan hewan yang akan disembelih benar-benar sehat agar tidak menularkan penyakit kepada manusia yang mengkonsumsi. Proses penyembelihan juga harus dilakukan dengan benar. "Hewan harus benar-benar sudah mati sebelum dikuliti," ucap Abidin.
Diakuinya, sejauh ini proses pemeriksaan terhadap hewan-hewan kurban yang dipasarkan di wilayah Kecamatan Telukjambe Barat tidak ada masalah. Bahkan dirinya pun membenarkan jenis kualitas sapi kiriman yaitu Limousin kini tengah di buru untuk pelaksanaan kurban.
Hal senada dikatakan Putri (30) petugas PPL UPT Pertanian Telukjambe Barat, bukan saja sapi, domba dan kambing pun ikut serta diperiksa. Baik Gizi, kesehatan dan kemungkinan penyakit yang lain guna mengantisipasi terjadinya virus penyakit hewan ternak seperti antraks. Sejumlah tempat yang dikunjungi seperti Kampung Karangmulya, jumlah hewan ternak yang diperiksa sebanyak 120 ekor jenis domba serta kambing. "Semuanya sehat tidak ada masalah," tegas Putri.
Diwilayah tugasnya sendiri, terang Putri tidak bisa ditampik kalau permintaan terhadap hewan ternak untuk kurban seperti sapi, domba dan kambing mengalami kenaikan hingga mencapai 20 persen. "Kenaikan pengadaan hewan ternak jenis kambing, domba dan sapi amat tinggi dan keseluruhan harus dipastikan sehat. Untuk itulah makanya kami disebar ke beberapa tempat penjualan hewan kurban untuk memastikan hewan-hewan itu layak dikonsumsi masyarakat," pungkasnya.
Sementara Ela (45) penjual hewan kurban membenarkan jika ada petugas datang dan memeriksa kesehatan hewan kurban yang dipasarkannya. Jumlahnya ada 60 ekor terdiri dari 15 sapi, 20 domba dan 25 kambing dalam keadaan sehat dan siap dijual serta dijadikan hewan kurban. "Pemeriksa meliputi Kesehatan badan hewan, air liur, tinja dan bobot hewan ternak," ucap Ela dan mengaku dirinya merasa nyaman dengan pemeriksaan itu. (yfn)

Lokasi Pemeriksaan Kesehatan Hewan Kurban

Kampung Wanakarya Desa Wanasari
Sapi    30 Ekor
Domba   34 Ekor
Kambing 67 Ekor

Kampung Bakan Cikiara Desa Margakaya
Sapi 12 Ekor
Kambing 32 Ekor
Domba 116 Ekor


Kampung Cisadang Desa Wanakerta
Sapi 26 Ekor
Kambing 20 Ekor
Domba 33 Ekor
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template