Di Johar Masih Banyak Pengemis Berkeliaran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Di Johar Masih Banyak Pengemis Berkeliaran

Di Johar Masih Banyak Pengemis Berkeliaran

Written By ayah satria on Sabtu, 12 Agustus 2017 | 13.43.00

KARAWANG, RAKA - Aparat Kelurahan Karawang wetan, Kecamatan Karawang Timur, meminta Dinas Sosial dan Satpol PP untuk melakukan langkah tegas kepada anak jalanan (Anjal) dan gelandangan pengemis (Gepeng) yang banyak berkeliaran diwilayah perkotaan. Pasalnya yang memiliki anggaran dan kewenangan untuk menertibkan anjal dan gepeng adalah Dinsos dan Satpol PP.
Sekretaris Kelurahan Karawang Wetan, Endang Hanafi menyampaikan, gelandangan merupakan seorang yang hidup dalam keadaan yang tidak mempunyai tempat tinggal dan tidak memiliki pekerjaan tetap, sehingga mereka melakukan pengembaraan ditempat-tempat yang ramai seperti perkotaan dan pasar. "Dampak negatifnya perilaku mereka bisa menular kepada orang lain, karena kehidupannya tidak sesuai dengan norma kehidupan yang layak dalam masyarakat," ujar Endang kepada Radar Karawang, Jumat (11/8).
Sementara pengemis, tambah Endang, mereka merupakan seorang yang mendapat penghasilkan dengan cara meminta-minta di tempat umum dengan berbagai cara dan alasan untuk mendapatkan belas kasihan dari orang lain. Gepeng sendiri adalah orang yang hidup mengelandag dan sekaligus mengemis. Oleh karna tidak mempunyai tempat tinggal tetap dan berdasarkan berbagai alasan harus tinggal di bawah kolong jembatan, taman umum, pinggir jalan, pinggir sungai, stasiun kereta api, atau berbagai fasilitas umum lain untuk tidur dan menjalankan kehidupan sehari-hari. "Gepeng dan pengemis itu kewenangnannya ada di dinas sosial, Karena Dinas sosial yang punya anggaran soal gepeng," ujarnya.
Setahu Endang, di karawang sendiri saat ini banyak orang gila gelandangan dan pengemis serta anak jalanan (anjal) yang berkeliaran di jalan-jalan protokol. Mereka juga kemungkinan orang-orang buangan dari daerahlain. Karena dia sendiri beberapa kali menyaksikan ada orang gila ditutunkan didaerah karawang oleh mobil yang melintas. "Disini jarang, paling banyak adanya dijalan-jalan utama, seperti di jalan lampu merah DPRD Karawang itu wilayah perbatasan antara karawang wetan dan Nagasari dan di Mega M, lampu merah johar. Banyaknya itu ada di jalan-jalan protokol," terangnya.
Demi keamanan wilayah dan masyarakat pihaknya meminta Dinas sosial dan Satpol PP untuk serius melakukan tindakan terhadap, anjal dan gepeng yang berada di kota pangkal perjuangan. Bahkan pihak kelurahan siap membantu menertibkan mereka. "Ini semua demi keamanan warga dan pengguna jalan," katanya.
Endang juga mengusulkan adanya program khusus untuk penanganan anjal dan gepeng. Karena untuk melakukan penertiban, dibutuhkan juga anggaran yang cukup. Dengan demikian penertiban bisa dilakukan secara berkesinambungan. Sehingga saat ada anjal dan gepeng kembali muncul, Dinsos dan Satpol PP bisa segera kembali turun melakukan penertiban. "Dinsos harus buat program penanggulanganan gepeng dan anjal, agar dianggarkan, karena Kewenangan anggaran itu adanya ditingkat atas," pungkasnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template