Desa Pasirawi Diperiksa Inspektorat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Pasirawi Diperiksa Inspektorat

Desa Pasirawi Diperiksa Inspektorat

Written By ayah satria on Rabu, 02 Agustus 2017 | 21.16.00

RAWAMERTA, RAKA - Inspektorat Kabupaten Karawang melaksanakan pemeriksaan reguler di Desa Pasirawi, Kecamatan Rawamerta, Selasa (1/8) kemarin. Pemeriksaan tersebut untuk mengevaluasi kinerja pemerintahan desa sekaligus sebagai pembinaan staf desa. Bagusnya, semua aparat desa bisa hadir, sehingga bisa memperlancar jalannya pemeriksaan.
Wakil inspektur pembantu wilayah 2, H Muhammad Nuh, mengatakan, kegiatan rutin tahunan pemeriksaan inspektorat tersebut hanya bersifat pembinaan, agar pengadministrasian di desa bisa sesuai dengan apa yang diharapkan. Apabila ditemukan kejanggalan mengenai pelaporan dan kegiatan, pihak inspektorat hanya akan memberikan pembinaan supaya bisa dibenahi. "Kegiatan pemeriksaan ini sudah menjadi rutinitas setiap tahunnya, setiap desa akan kami periksa dari berbagai bidang, baik dari administrasi maupun pembangunan fisik dilapangannya. Inti dari pemeriksaan inspektorat adalah untuk melakukan pencegahan terhadap penyelewengan yang mungkin dilakukan oleh desa," terangnya.
Dia menambahkan, yang terpenting dari pemeriksaan reguler tersebut adalah agar setiap desa bisa menjalankan pemerintahannya dengan tertib administrasi sesuai dengan program pemerintah daerah maupun pusat. Adapun pemeriksaan yang dilakukan tetap kepada empat aspek pemerintahan desa yaitu aspek kebijakan, aspek kelembagaan, aspek kekayaan, dan yang terakhir aspek keuangan dan pemeriksaan fisik di lapangan dalam penggunaan Anggaran Dana Desa dari Pemerintah Kabupaten Karawang. "Baiknya, semua aparatur desa yang bersangkutan bisa hadir semua, jadi bisa meperlancar kegiatan kami kali ini, kalau hadir semua kita bisa dengan lelausa memberikan arahan dan pembinaannya," ujarnya.
Untuk aspek kebijakan, menurutnya, yang diperiksa adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Badan Pengawas Desa (BPD) Desa Pasirawi. Untuk aspek kelembagaan yang diperiksa adalah kaur desa dan kepala lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM). Untuk aspek kekayaan desa yang diperiksa adalah bendahara desa dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) yang dikelola oleh Desa Pasirawi.
Sementara untuk aspek yang terakhir aspek keuangan dan pemeriksaan secara fisik ke lapangan, sejauh mana realisasi pembangunan fisiknya, apakah sudah benar-benar dilaksanakan atau belum. "Tujuan dari pemeriksaan desa ini, adalah agar pelaksanaan pembangunan di desa bisa terawasi dan sesuai dengan kebijakan, baik dari pemerintah daerah dan yang lebih penting adalah aspek pencegahan penyelewengan, sehingga pembangunan desa dapat dirasakan oleh semua masyarakatnya," tegasnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan pemeriksaan tersebut dilakukan sesuai dengan anjuran Pemerintah Kabupaten Karawang, supaya penyerapan anggaran ke desa menjadi lebih tepat guna dan digunakan dengan benar oleh aparat desa setempat. Sehingga kedepannya masyarakat desa lebih merasakan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah daerah maupun pusat melalui masing-masing desanya.
Sementara itu, Kades Pasirawi H Johansyah, mengatakan, bahwa desanya selalu siap dilakukan pemeriksaan, karena dirinya sudah melaksanakan kegiatan roda pemerintahan sesuai dengan aturan dari pemerintah. Karena selama ini, menurutnya, dalam jajaran aparat desa hubungan baik selalu terjalin sehingga lebih memudahkan dirinya dalam berkoordinasi untuk melaksakan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala desa. "Alhamdulillah kami sudah berusaha untuk menjalankan roda pemerintah dengan benar, maka kami tinggal menunggu hasil dari periksaan ini. Apabila ada kekurangan, akan kami tingkatkan dan mencoba untuk mengubahnya. maklum manusia yang tak luput dari kesalahan, namun tetap akan kami perbaiki sesuai aturan yang ada," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template