Dedi - Emil Cocok Diduetkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dedi - Emil Cocok Diduetkan

Dedi - Emil Cocok Diduetkan

Written By Mang Raka on Jumat, 04 Agustus 2017 | 12.30.00

PURWAKARTA,RAKA - Kemungkinan duet antara Dedi Mulyadi dan Ridwan Kamil masih sangat terbuka dalam bursa calon guberbur dan wakil gubernur pada Pilgub Jabar mendatang. Bahkan, pasangan ini akan sulit dilawan kandidat lain mengingat tingkat popularitas dan elektabilitas kedua tokoh tersebut termasuk tinggi. Meskipun disinyalir banyak pihak tidak menginginkan kedua tokoh ini menjadi satu paket pasangan calon.
Pengamat politik dan pemerintahan Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, Asep Warlan Yusuf menyebutkan, kans keduanya untuk berduet di Pilgub Jabar masih sangat terbuka lebar, tergantung terakomodasi atau tidaknya kepentingannya. Sehingga kontestan Pilgub Jabar, apabila mereka berduet, diprediksi akan hanya ada dua pasangan calon. "Untuk saat ini kan figur yang mengemuka terbagi dalam tiga poros, yakni Dedi Mulyadi, Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar. Kalau saja Dedi-Emil berpasangan, maka kompetitornya adalah Deddy Mizwar (Demiz). Maka akan sangat berat bagi Demiz untuk melawan duet ini," ujar Warlan, Kemarin.
Kecuali, terang dia, partai politik pengusung Demiz menduetkannya dengan figur yang memiliki popularitas yang bisa menyamai Dedi-Emil. Salah satu figur yang bisa menandingi mereka adalah Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Sehingga tema besar yang bertarung di Pilgub Jabar adalah nasionalisme kebangsaan dengan keagamaan. Nasionalisme kebangsaan diwakili Dedi-Emil, dan keagamaan diwakili Demiz-Aa Gym.
Menurutnya, saat ini tergantung peta koalisi masing-masing partai politik (parpol) yang ada. Namun peluang terjadi koalisi besar antara Golkar, PDIP dan Nasdem sangatlah besar. Apalagi komunikasi politik di antara parpol itu semakin intens. Kalau koalisi ini terjadi, maka duet Dedi-Emil tidak mustahil terjadi. Sementara di kubu Partai Gerindra dan PKS, kedua parpol ini tampaknya tidak akan memaksakan kandidat dari kader partai. Mereka akan mendorong kader nonpartai asalkan ada ada manfaat ke partai serta komitmen untuk memenangkan Pilpres 2019. Maka pilihannya adalah Demiz-Aa Gym.
Parpol lain, seperti PKB, PAN, Demokrat, PPP, dan Hanura, kecenderungannya tidak akan mengusung pasangan lain. Apalagi, mereka kemungkinan akan terbagi kedalam dua poros besar Dedi-Emil dan Demiz-Aa Gym. Namun demikian, politik pastinya dinamis dan akan selalu berubah seiring dengan dinamika menjelang Pilgub Jabar 2018. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template