Cocok Tanam tak Perlu Lahan Luas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cocok Tanam tak Perlu Lahan Luas

Cocok Tanam tak Perlu Lahan Luas

Written By Mang Raka on Selasa, 29 Agustus 2017 | 15.00.00

- Komunitas Hidroponik Miliki 1000 Anggota

PURWAKARTA,RAKA - Pesat perkembangan zaman di wilayah perkotaan, mengakibatkan lahan untuk lahan pertanian semakin hari kian sempit. Hal ini tentunya mengancam stabilitas pangan di wilayah perkotaan.
Dari fenomena itulah membuat Eni Lestio Rini, warga Kampung Karang Anyar, RT9 RW10 kelurahan Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, tergerak hatinya untuk membudidayakan tanaman hidroponik kepada masyarakat. Dari hobi bercocok tanam tersebut, ia sekarang dikenal sebagai pegiat komunitas hidroponik yang kemudian diberi nama  Komunitas Hidroponik Purwakarta (KHP). Bahkan saat ini wanita berparas cantik itu sebagai ketua KHP Purwakarta sejak satu tahun terakhir. "Awalnya dari hobi, namun ternyata warga di Purwakarta yang berminat ingin bercocok tanam hidroponik banyak juga, sekarang yang sudah bergabung 1000 orang lebih dari berbagai daerah," ujarnya, kemarin.
Setelah terbentuk Komunitas KHP, kata ia, pihaknya semakin aktif mengadakan pelatihan secara berkala, hingga akhirnya setiap kecamatan di Purwakarta dibentuk komunitas untuk mempermudah memperkenalkan hidroponik kepada masyarakat. "Untuk pelatihan sendiri kita sudah programkan tiga bulan sekali yang nantinya kita evaluasi," tutur wanita yang akrab di sapa Eni itu.
Sekedar diketahui, hidroponik adalah budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Kebutuhan air pada hidroponik lebih sedikit daripada kebutuhan air pada budidaya dengan tanah. "Bercocok tanamnya pun bisa menggunakan paralon atau bambu yang diisi air mengandung nutri sebagai penganti pupuknya," jelasnya.
Selain itu, lanjut ia, tujuan dibentuknya KHP sendiri merupakan sebagai wadah bagi warga yang ingin bercocok tanam tapi tidak memiliki lahan untuk menyalurkan hobinya itu, terutama untuk warga diwilayah perkotaan yang lahannya semakin menyempit. "Dengan adanya komunitas ini mempermudah warga yang tinggal diwilayah perkotaan untuk terus bercocok tanam, bahkan hidroponik juga mempercantik halaman rumah," pungkasnya. (gan)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template