Bulan September Imunisasi MR Sasar Balita - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bulan September Imunisasi MR Sasar Balita

Bulan September Imunisasi MR Sasar Balita

Written By ayah satria on Minggu, 20 Agustus 2017 | 13.00.00

RAWAMERTA, RAKA - Masyarakat yang mempunyai anak di bawah lima tahun disarankan mengikuti vaksin measles rubella (MR). Pemberian vaksin ini, dijadwalkan dimulai pada Agustus hingga September mendatang.
Bidan Desa Kutawargi, Kecamatan Rawamerta, Lisnawati mengatakan, imunisasi MR diperuntukkan bagi anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Menurutnya, pemberian imunisasi tersebut dibagi dalam dua fase. Bulan Agustus untuk SD sederajat dan SMP sederajat. Sedangkan fase kedua pada bulan September dilakukan di Posyandu, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya untuk bayi dan anak yang belum bersekolah, serta anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). "Imunisasi MR dirasa sangat penting bagi anak untuk mencegah penyebaran virus MR, Karena virus ini sangat berbahaya bagi kesehatan anak," ujar Lisnawati kepada Radar Karawang.
Melalui bidan desa, dinas kesehatan menargetkan Universal Child Imunization (UCI) untuk masing-masing daerah bisa terlaksana secara merata. Campak dan rubella sendiri merupakan infeksi menular melalui saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini bisa menyebabkan kecacatan hingga kematian. Karena itu, Lisnawati mengingatkan seluruh masyarakat agar tidak mengabaikan imunisasi.
Namun untuk imunisasi bulanan yang dilakukannya kemarin, hanya balita yang telah mendapat izin dari orangtuanya yang bisa diimunisasi. "Untuk imunisasi bulanan kali ini hanya ada 10 balita yang diimunisasi melalui suntikan, karena ada beberapa orangtua yang melarang balitanya untuk disuntik karena baru sembuh dari sakitnya. Namun untuk imunisasi MR dia agar semua balita bisa ikut serta," harapnya.
Dalam imunisasi bulanan tersebut, ada 107 daftar balita yang hendak diimunisasi. Namun, hanya ada 10 orang balita yang berhasil diimunisasi. Selebihnya hanya melakukan penimbangan dan periksa biasa.
Salah seorang ibu balita, Rika (28) mengakui, penyakit campak atau tampek dinilai berbahaya bagi kesehatan anaknya. Untuk menjaga kekebalan tubuh anaknya dari penyebaran virus MR, dirinya merelakan anaknya untuk ikut serta dalam imunisasi MR yang akan dilaksanakan bulan September mendatang. “Kalau sekarang hanya imunisasi bulanan biasa, untuk kedepannya saya juga akan menyertakan anak saya agar ikut imunisasi MR,” pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template