BJB Siap Gulirkan Kredit Usaha Rakyat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BJB Siap Gulirkan Kredit Usaha Rakyat

BJB Siap Gulirkan Kredit Usaha Rakyat

Written By ayah satria on Selasa, 29 Agustus 2017 | 15.28.00

KARAWANG, RAKA - Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar pertemuan dengan Bank BJB Cabang Karawang, Senin (28/8), di ruang rapat Sekretaris Daerah.
Pertemuan yang dipimpin Wakil Bupati Ahmad Zamakhsyari itu, dihadiri Kepala Cabang Bank BJB Karawang Arfandi, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Karawang, serta jajaran staf bank milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat itu.
Usai pertemuan, Wakil Bupati Ahmad Zamakhsyari mengatakan, dari rapat yang berjalan hingga siang hari itu menghasilkan 5 poin. "Hasil rapat yang pertama, Pemda Karawang meminta bank BJB Cabang Karawang untuk untuk menurunkan suku bunga PNS dan guru sebesar 6 sampai 8,5 % flat," ujarnya, Senin (28/8).
Kedua kata wakil bupati, Pemkab Karawang meminta kepada Bank BJB untuk mengalokasikan anggaran satu sampai 2 juta rupiah pinjaman tanpa agunan dengan tetap mengapresiasi program kredit cinta rakyat dari BJB sahabat usaha. Ketiga, Pemkab Karawang meminta kepada BJB untuk mengalokasikan Rp 3 miliar untuk dunia pendidikan dengan persyaratan proposal pengajuan dari dinas terkait.
Keempat sambung pria yang akrab disapa Jimmy itu, Bank BJB Cabang Karawang diminta setidaknya membuat satu mesin anjungan tunai mandiri atau ATM di setiap kecamatan. "Kelima, BJB Karawang menyedikan kredit kendaraan motor dengan suku bunga 3,70 persen per tahun," tuturnya.
Dihubungi setelah pertemuan, Pemimpin Bank BJB cabang Karawang Arfandi mengatakan, Bank BJB yang dulu dikenal dengan nama Bank Jabar merupakan bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten yang berkantor pusat di Bandung. Dikatakannya, pihaknya akan fokus ke kredit kerakyatan sesuai dengan arahan pemerintah daerah. "Kita akan menawarkan kredit dengan bunga 0,37% per bulan atau flat 4.4% per tahun itu yang namanya BJB kredit cinta rakyat. "Saat ini memang masih beragunan 40% dengan total kredit yang diajukan. Artinya, kalau misal pinjam 1 juta, 400 ribu agunannya," tuturnya.
Kata Arfandi pihaknya bukan hanya memberikan kredit, tapi juga mendidik masyarakat pada umunya untuk bankable dan juga mendidik bagaimana caranya berusaha. Pihaknya kata dia, sudah menyiapkan tim untuk melakukan program yang akan dimulai bulan September tersebut, dimana setiap desa minimal ada 3 calon pengusaha. "Kita ada dua fase. Fase pertama sampai Desember, kedua Januari sampai Maret atau April. Diharapkan seluruh desa mempunyai campign-campign para pengusaha yang hasil dari pembiayaan kredit cinta rakyat," tuturnya.
Kata Arfan, rencananya pihak Bank BJB akan melibatkan desa untuk mengadakan calon usahawan yang akan dibiayainya dengan kriteria tertentu. "Kita open sampai 50 juta, kita jalan parsial dulu sampai 5 juta misalnya, kita akan ikut," tuturnya.
Kalau non agunan kata Arfandi, sedang proses pengusulan karena pihaknya akan lakukan running terlebih dulu dengan yang 40 persen. "Yang perlu dikasih tahu. Itu kredit bukannya hibah dari pemerintah daerah atau CSR-nya bank. Ini harus bergulir. Semakin lancar, semakin banyak yang akan dibiayai mendapat kesempatan yang kita biayai kredit bergulir ke masyarakat," tuturnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template