Besi Tua Peninggalan Belanda di Kampungsawah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Besi Tua Peninggalan Belanda di Kampungsawah

Besi Tua Peninggalan Belanda di Kampungsawah

Written By ayah satria on Sabtu, 19 Agustus 2017 | 21.36.00

JAYAKERTA, RAKA - Masyarakat Desa Kampungsawah, digegerkan dengan penemuan besi tua diperkirakan seberat 2 ton yang tertanam di lapangan bola. Tidak ada satupun warga yang mengetahui asal muasal besi tua tersebut, namun dari bentuknya warga mengklaim menyerupai sambungan pipa bekas rudal pada saat zaman penjajajah dahulu.
Sailan (54), yang kebetulan sedang melakukan penggalian tanah di lokasi pertama kali menemukan besi tersebut, dirinya mengaku kaget saat menggali tanah, cangkulnya mengenai benda keras. Dan ketika terus melakukan penggalian, ternyata sebuah besi tua dengan ukuran besar ditemukannya. Ia segera melaporkan penemuan tersebut ke warga dan aparat desa setempat. "Saya kaget banget pas cangkul saya menghantam benda keras, kirain batu, dan setelah diteruskan ternyata ada besi ukuran besar," akunya.
Menurur Kepala Desa Kampungsawah Adi Kurnadi, warga sempat kaget dengan penemuan besi tua tersebut. Pasalnya, sampai saat ini belum ada salah saeorang warga pun yang mengetahui jenis besi tua tersebut termasuk dirinya. "Saya gak tau besi bekas apaan, dan semua yang ada di sini juga tidak tahu ada besi sebesar ini tertanam di lapangan, mereka mengira ini peninggalan zaman Belanda," terangnya, Jumat (18/8).
Atas temuan besi tua yang diduga peninggalan zaman belanda tersebut, Adi segera melaporkannya kepada Polsek Rengasdengklok. Karena menurutnya besi temuan tersebut bukan milik warga, dan merupakan peninggalan zaman dulu. "Ini jelas peninggalan zaman dulu, seperti bekas lokomotif, makanya kami sudah lapor Polsek tadi," jelasnya.
Lebih lanjut dia mengatakan, menurut keterangan warga sekitar pada lokasi penemuan besi tersebut sebagian dulunya merupakan bekas pabrik, namun belum bisa memastikan pabrik yang bergerak dalam bidang apa. Sebelum dilakukan penelitian oleh pihak kepolisian, ia belum berani memberikan keterangan secara pasti. Mengingat, veeita pabrik tersebut hanya segelintir warga yang tahu. "Takut terjadi apa-apa lebih baik kita laporkan kepolisian saja," ujarnya.
Kapolsek Rengasdengklok Kompol Agus Suwarsono, sudah mendapat laporan atas penemuan besi tua ukuran besar. Pihaknya sudah menurunkan anggotanya untuk menyelidiki penemuan tersebut. "Masih dalam penyelidikan, dari mana dan sejak kapan besi itu ada, kita tunggu saja hasil penyelidikannya," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template