Beli Hewan Kurban Berlabel Sehat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Beli Hewan Kurban Berlabel Sehat

Beli Hewan Kurban Berlabel Sehat

Written By Mang Raka on Selasa, 29 Agustus 2017 | 12.00.00

- Dinas Peternakan Lakukan Pemeriksaan

PURWAKARTA,RAKA - Menyusul perayaan Idul Adha 1438 Hijriyah tinggal menghitung hari, Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Purwakarta intensifkan periksaan hewan ternak kurban di Pasar hewan Ciwareng Purwakarta, Senin (28/8). Tujuannya, untuk memastikan agar ternak kurban yang nantinya dikonsumsi oleh masyarakat betul-betul sehat dan aman, dan layak kurban.
Label sehat pun telah diberikan terhadap 5.200 hewan kurban yang dijual baik di pasar hewan maupun di lapak lapak di Purwakarta. Pemasangan label dimaksudkan untuk memudahkan masyarakat atas hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban.
Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta, Sri Wuryasturati mengatakan, pemeriksaan hewan kurban telah dilakukan sejak Juli lalu, namun mendekati Idul Adha program pemeriksaan rutin ditingkatkan untuk antisipasi kemungkinan penyebaran penyakit karena hewan kurban di Purwakarta didatangkan juga dari luar Purwakarta. Bagi hewan ternak yang telah memenuhi syarat untuk kurban kata Sri, seperti sapi, kerbau serta domba diberikan label sehat, namun terlebih dahulu oleh hewan kurban tersebut diperiksa oleh tim medis dinas kesehatan. "Sampai hari ini terutama hewan kurban jenis sapi yang sudah dinyatakan sehat dan diberi label sehat sekitar 1.200 sementara kerbau 30 serta domba mencapai 4.000 ekor, namun khusus untuk Domba masih akan bertambah karena masih memiliki 2 hari pasar pada Minggu ini,'' bebernya.
Sri menjelaskan, secara keseluruhan hewan kurban di Purwakarta, baik yang didatangkan dari luar maupun yang didatangkan dari daerah sendiri dinyatakan dalam keadaan aman. "Masyarakat tidak perlu khawatir karena hewan hewan kurban dipurwakarta sdh memenuhi standar,'' ujarnya.
Pada pemeriksaan hewan ternak di pasar hewan Ciwareng Purwakarta dipimpin langsung Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Langkah tersebut kata Dedi, diambil untuk meminimalisir ternak kurban yang terindikasi penyakit yang membahayakan masyarakat. "Saya berharap semua hewan kurban sehat dan aman," tututnya.
Bupati Dedi juga menyinggung tentang kepemilikan ternak Sapi di Purwakarta yang masih rendah, ini harus diupayakan, namun untuk ternak domba, di Kabupaten Purwakarta sudah melimpah, bisa dibilang surplus. "Kedepanya hewan ternak di Purwakarta tidak lagi dipasok dari luar, dan para peternak untuk dapat merubah polanya agar memelihara dengan bibit ukuran besar dengan cara Inseminasi buatan,'' pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template