Belajar Melalui Bermain - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Belajar Melalui Bermain

Belajar Melalui Bermain

Written By Mang Raka on Jumat, 04 Agustus 2017 | 15.30.00

-Nurture Teach Observe Bantu Pembentukan Karakter Anak

KARAWANG, RAKA - Bagi para orangtua yang ingin anaknya jauh lebih berkembang dan cerdas sejak dini, tidak perlu repot menyekolahkan ke luar kota. Karena di Kabupaten Karawang, sekarang sudah ada Nurture Teach Observe (NTO).
Sekolah yang memiliki program pendidikan preschool (leaps and bounds) dan kindergarten (right start) yang diperuntukan bagi anak-anak usia 6 bulan sampai 6 tahun. Lokasinya di Jalan Kertabumi No 10, Karawang Barat.

Kepala NTO Yulyana menyampaikan, semua anak butuh berkembang, belajar dan bergerak dalam berbagai level yang mereka anggap nyaman. Anak-anak butuh untuk belajar mengenai diri mereka sendiri, dan belajar mengenai cara bersikap tanpa merasa takut akan kritisasi.
Mereka kata Yulyana harus memiliki kebebasan untuk mengalami self-esteem (menghargai diri sendiri), dan sukses menghadapi level yang paling fundamental. Setelah semua kesuksesan demi kesuksesan, maka akan terbangun kepercayaan diri. "Semoga dengan hadirnya NTO di Kabupaten karawang dapat memberikan solusi, serta kesempatan dan kebebasan terhadap anak dari usia 6 bulan sampai 6 tahun. Karena seorang anak tidak hanya akan meningkat dalam kemampuan fisiknya, tapi juga membantu mengembangkan ikatan yang lebih dekat dengan orangtuanya," terangnya kepada Radar Karawang, Kamis (3/8).
Ia melanjutkan, NTO punya visi, yaitu semua anak akan berpartisipasi dalam sebuah pengalaman proses belajar awal yang berharga, yang akan dijalankan sebagai pondasi untuk sukses dalam kehidupan jangka panjang selanjutnya. Seluruh keluarga akan ditawarkan program proses pembelajaran awal, dan cara membimbing anak dengan meningkatkan pengertian dan penghargaan kepada orang lain. Serta membantu dan melibatkan orang tua dalam pengalaman pembelajaran awal anak-anak mereka. Sedangkan misi NTO Karawang akan menyediakan lingkungan yang aman, terpelihara dan edukatif yang pantas bagi anak-anak, serta memberikan sebuah tempat bagi anak-anak untuk berkembang menjadi pribadi yang bertanggung jawab, baik hati, dan berkontribusi dalam masyarakat. Sehingga anak-anak dapat mencapai kesuksesan yang baik dalam proses belajar, dan proses pencapaian akademi. Juga ingin memberikan anak-anak kesempatan untuk mengembangkan personal anak, dengan menawarkan aktivitas yang memiliki cakupan luas yaitu di dalam dan di luar sekolah yang terbuka pada keikutsertaan positif dari masing-masing keluarga anak. Pihaknya juga menganjurkan sebuah pendekatan orangtua dengan guru, dimana kebutuhan dari setiap anak selalu menjadi prioritas utama untuk mengalami sendiri benefit dari program edukasi masa anak usia dini, dan masa sekolah yang luar biasa.  Bahkan NTO Karawang juga ingin agar semua anak memiliki kesempatan untuk berkembang secara fisik, emosi, sosial dan intelektual dengan bermain, menjelajah dan belajar dengan teman-temannya dalam lingkungan yang menyenangkan, aman dan sehat. "Semoga anak di usia dini mendapatkan penendidikan yang terbaik dengan adanya NTO di Kabupaten karawang," terangnya.
Hery Prasetya selaku kordinator Right Starts Kindergarten Uncle menyampaikan, filosofi program pendidikan NTO Karawang yaitu belajar melalui bermain. Dirinya percaya bahwa bermain merupakan cara anak untuk belajar yang paling efektif, dan pembelajaran tersebut akan terjadi secara bertahap dan tepat, dimana aktivitas terpusat pada anak-anak. Sehingga Anak-anak belajar terkonsep dengan baik saat mereka sungguh-sungguh merasa berarti, dan relevan bagi diri mereka sendiri. Agar memperoleh pengetahuan melalui eksplorasi aktif dari lingkungan mereka. "Kesulitan dalam mengajar paling umum anak tidak mau lepas dengan pendampingnya, cara kita terus lakukan agar anak bisa terus dibuat senang, sehingga kedisiplinan dan kemandiriannya terbangun," terangnya.
Sementara itu, orangtua siswa NTO Karawang asal Bekasi, Yeli Indah Lestari (27) menyampaikan, rasa sayang terhadap anak menjadi skala prioritas orangtua agar memberikan yang terbaik bagi buah hatinya, meski usianya masih kecil. "Kita akan ikuti selama 3 bulan kedepan. Jika gak ada perkembangan, kata ayahnya harus keluar. Hari ini baru masuk," terangnya.
Anak Yeli Indah Lestari, Sabrina Bilqis Hidayat (3) merasa senang dan gembira meski baru pertama kali masuk sekolah. "Seneng banyak temennya," tuturnya. (apk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template