Bangun Desa, Berdayakan Pemuda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bangun Desa, Berdayakan Pemuda

Bangun Desa, Berdayakan Pemuda

Written By ayah satria on Sabtu, 12 Agustus 2017 | 13.57.00

PURWAKARTA,RAKA - Masa depan bangsa Indonesia sangatlah ditentukan oleh para generasi pemuda bangsa. Pasalnya, pemuda merupakan ujung tombak dan sangat diandalkan dalam mewujudkan cita-cita bangsa. Demikian disampaikan oleh Sekretaris Jenderal, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Anwar Sanusi, dalam pidato pembukaan yang disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Kerjasama Fajar Tri Suprapto, saat membuka acara Penguatan Hubungan Antar Lembaga Kepemudaan Desa Menuju Masyarakat Mandiri di Purwakarta, Jumat (11/8).
"Pemuda itu memiliki pemikiran, tenaga yang besar, semangat, dan kreatifitas untuk bergerak dalam pembangunan di desa. Jika pemuda dapat diberdayakan secara maksimal di 74.910 desa, saya yakin itu akan memberi dampak signifikan," ujarnya.
Anwar mengatakan, aktivitas pemuda saat ini, sangat dekat dengan kecepatan informasi dan perkembangan teknologi. Hal tersebut diyakini menjadi modal besar bagi para pemuda untuk tidak lagi abai terhadap pembangunan di desanya. Lahirnya Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa pun menjadi dasar bahwa kini desa adalah subjek pembangunan itu sendiri. Kegiatan dan kelembagaan kepemudaan desa pun menjadi media untuk saling berbagi inspirasi. "Hal ini sebagai pemantik semangat pemuda untuk membangun desanya. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi upaya meningkatkan peran pemuda dalam membangun negara ini. Saya ingin kedepan desa membantu kota, bukan kota membantu desa," lanjutnya.
Kegiatan tersebut akan diisi dengan seminar dan panggung rakyat di Lapangan Cihideung, Desa Pasawahan yang menampilkan gelaran pentas budaya lokal. Seratus pemuda desa yang merupakan perwakilan dari seluruh kecamatan di Kabupaten Purwakarta diundang sebagai peserta.
Sejumlah narasumber utama akan berbagi inspirasi, diantaranya yakni perwakilan dari Kemendes PDTT, Mujimin, selaku praktisi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Yogyakarta, Agus Wibowo, yang merupakan Ketua Komunitas Bandung Kota Blogger (BATAGOR) dan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena serta Panji Aziz Pradana sebagai Pendiri dan Direktur Eksekutif Care Institute, Banten dan Country Director International Youth Federation Indonesia. Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 11-13 Agustus 2017 di Bale Guru Linuhung dan Taman Cerdas Surawisesa, Purwakarta.
Acara pembukaan turut dihadiri Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi dan jajaran petinggi Pemerintah Kabupaten Purwakarta. Kegiatan kepemudaan desa ini merupakan yang kedua setelah tahun lalu diselenggarakan di Banyuwangi, Jawa Timur. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template