AMBU: Jangan Asal Pakai Nama Ulama - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » AMBU: Jangan Asal Pakai Nama Ulama

AMBU: Jangan Asal Pakai Nama Ulama

Written By Mang Raka on Selasa, 29 Agustus 2017 | 14.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Tergabung dalam Aliansi Muda Bela Ulama (AMBU) Purwakarta, sejumlah tokoh muda datangi sekretariat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Purwakarta. Kedatangan mereka bertujuan untuk mengadukan salah satu kelompok masyarakat yang mengklaim diri sebagai ulama, namun kerap menebar fitnah di media sosial.
"Ini demi menjaga 'marwah' para ulama agar tidak terjadi penyelewengan dan pembenaran terhadap sikap-sikap menyimpang namun kadung diyakini sebagai kebenaran dan diikuti oleh umat Islam," ujar Koordinator AMBU Purwakarta, Al Faqlir Billah Farid Farhan, dihadapan jajaran MUI Purwakarta, Senin (28/8).
Menurutnya, Purwakarta dikejutkan dengan sebuah fenomena yang dapat dilihat secara kasat mata oleh seluruh umat Islam. Umat seolah kehilangan panutan dan fatsun dalam menjalankan keislaman sehari-hari. "Keadaan ini menimbulkan keprihatinan, karena ditengah keprihatinan itu muncul oknum-oknum yang mengatasnamakan dirinya sebagai ulama, namun bersikap tidak menjadi rujukan, panduan perilaku beragama. Bahkan tidak bisa menjadi cermin umat dalam beribadah baik secara ritual maupun sosial," terang Farid.
Atas hal itu, AMBU Purwakarta meminta MUI Purwakarta dapat memberikan pendidikan dakwah kepada pihak-pihak yang mengklaim dirinya, sebagai ulama untuk mematuhi prinsip etika dalam beragama. Selain itu, MUI juga diminta untuk melakukan seleksi aktid terhadap konten ceramah atau khutbah yang akan disampaikan dalam forum besar baik khutbah Jumat maupun tablig akbar. "Seyogianya, MUI dapat menyebarkan juru dakwah yang memiliki kapasitas keilmuan dan mampu memahami kondisi psikologis dan sosiologis sekaligus kultur masyarakat ke daerah di seluruh wilayah Purwakarta," tuturnya.
Lebih jauh, AMBU juga meminta MUI melarang siapa pun oknumnya untuk menyematkan kata 'Ulama' atau 'Perwakilan Ulama' tanpa persetujuan kolektif ormas Islam yang tergabung dalam MUI. (gan)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template