28 SD di Telukjambe Barat tak Punya Toilet - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 28 SD di Telukjambe Barat tak Punya Toilet

28 SD di Telukjambe Barat tak Punya Toilet

Written By ayah satria on Selasa, 29 Agustus 2017 | 15.58.00

TELUKJAMBE, RAKA - Meski tergolong daerah yang dekat kawasan industri, sejumlah sekolah dasar negeri di Kecamatan Telukjambe Barat ternyata belum semuanya memiliki fasilitas toilet untuk siswa.
Ini pula yang dikeluhkan UPTD PAUD/SD Kecamatan Telukjambe Barat. "Hitungan kami sebanyak 28 sekolah dasar di lingkungan wilayah kami belum miliki toilet, terlebih toilet yang sehat," kata Kepala UPTD SD/PAUD Kecamatan Telukjambe Barat Ujang Nurali MM, Senin. (28/8).
Diakuinya, setidaknya dibutuhkan 56 toilet untuk 28 sekolah dasar negeri yang belum memilikinya. Tentunya agar siswa bisa melakukan hajatnya ketika proses belajar mengajar di sekolah masing-masing.
Dia menambahkan, idealnya satu toilet itu untuk sebanyak 30 orang siswa laki-laki dan satu toilet untuk sebanyak 20 orang siswa perempuan. Karena masih banyak sekolah kekurangan toilet, mengakibatkan pelajar laki-laki buang air kecil di sembarang tempat.
Hal senada diungkapkan Penilik Sekolah Dasar H Ace SPd. Menurutnya, hampir setiap sekolah dasar tidak miliki sanitasi sehat. Dia pun berharap sekolah yang ada dilengkapi fasilitas sanitasi dan toliet, guna kelancaran siswa. Baik dalam proses kegiatan belajar mengajar, maupun untuk psikologis siswa.
Menurutnya, hanya satu sekolah SD saja yang miliki sanitasi dan toilet sehat, itupun sekolah dasar swasta. Sementara yang lainnya belum miliki toilet yang baik. Menurutnya, saat pelantikan kepala sekolah dan penilik, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana dalam sambutannya pernah membicarakan bahwa pendidikan Kabupaten Karawang tahun depan akan dapatkan bantuan berupa anggaran infrastruktur sebesar Rp 300 miliar. "Mudah-mudahan akan berdampak kepada infrastruktur penunjang toilet," harapnya.
Di tempat terpisah, Kepala SDN Wanajaya 3 Endang SPd mengatakan, saat ini siswanya masih ada yang buang hajat seperti buang air besar dan buang air kecil di toilet milik masjid.
"Untungnya ada masjid. Makanya siswa bisa melangsungkan buang air besar di masjid. Harapan kami pun sama, bahwa toilet diperlukan untuk siswa kami. Dan saya pun berharap agar sekolah juga lapangan untuk siswa berolahraga bisa juga kami miliki," pungkasnya. (yfn)



Sekolah Tanpa Toilet

1. SDN Margakaya 1
2. SDN Margakaya 2
3. SDN Margamulya 1
4. SDN Margamulya 2
5. SDN Margamulya 3
6. SDN Margamulya 4
7. SDN Karangmulya 1
8. SDN Karangmulya 2
9. SDN Karangmulya 3
10. SDN Wanasari 1
11. SDN Wanasari 2
12. SDN Wanakerta 1
13. SDN Wanakerta 2
14. SDN Wanakerta 3
15. SDN Wanajaya 1
16. SDN Wanajaya 2
17. SDN Wanajaya 3
18. SDN Mulyajaya 1
19. SDN Mulyajaya 2
20. SDN Mulyajaya 3
21. SDN Mekarmulya 1
22. SDN Mekarmulya 2
23. SDN Mekarmulya 3
24. SDN Karangligar 1
25. SDN Karangligar 2
26. SDN Karangligar 3
27. SDN Parungsari 1
28. SDN Parungsari 2
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template