247 Pelajar Divaksin Rubella - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 247 Pelajar Divaksin Rubella

247 Pelajar Divaksin Rubella

Written By Mang Raka on Jumat, 11 Agustus 2017 | 12.00.00

*Telukjambe Barat Target Bebas Campak

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Bulan Agustus menjadi bulan imunisasi Measles Rubella (MR). Itu merupakan komitmen pemerintah untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Imunisasi MR diberikan untuk anak usia sekolah 7 tahun hingga 15 tahun atau tingkatan SD, MI sederajat dan  SMP, MTS sederajat. Kalau ada yang sudah berusia 15 tahun tapi bersekolah di SMU sederajat, juga harus diberi imunisasi MR.
Kamis (10/8) sekitar 200 siswa SMPN 2 Telukjambe Barat giliran mendapatkan pemberian Imunisasi tersebut. Bahkan kegiatan pun dihadiri perwakilan WHO dan Kemenkes Republik Indonesia yang bekerjasama dengan UPT Puskesmas Telukjambe Barat. Perwakilan Kemenkes Pusat I Made Antara SKM menjelaskan campak dan rubella ini merupakan penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan virus melalui kontak dengan cairan dari hidung dan tenggorokan penderita rubella.
Seseorang dapat menularkan virus ke orang lain seminggu sebelum ruam kulit muncul, hingga satu minggu setelah ruam sembuh. Bahkan perempuan hamil dapat menularkan rubella pada bayinya lewat aliran darah. "Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti diare, radang paru, radang otak, kebutaan, gizi buruk, dan bahkan kematian. Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak, tetapi bila menulari ibu hamil pada awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan," ungkapnya.
Kepala UPT Puskesmas Telukjambe Barat, Guruh Sapta SKM membenarkan pada Agustus vaksinasi MR difokuskan kepada sekolah SD dan SMP. Total keseluruhan siswa di SMP Negeri 2 ada 247 siswa. Namun 24 di antaranya tidak divaksinasi karena sakit dan izin tidak masuk sekolah. "Jadi hari ini kami melakukan vaksinasi kepada 223 siswa yang hadir di sekolah," tuturnya.
Dirinya pun menyampaikan kampanye imunisasi MR ini merupakan sinergitas dengan program nasional yang sedang berjalan. Pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan melakukan pencanangan kampanye tingkat nasional dan introduksi imunisasi campak (Measles Rubella). Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam dua tahap yakni Agustus sampai September 2017 untuk Pulau Jawa. Kemudian pada Agustus sampai September 2018 di provinsi-provinsi luar pulau Jawa. Diharapkan pada 2020 Indonesia terbebas dari penyakit rubella. Terlebih penyakit tersebut dianggap ancaman serius karena menyebabkan komplikasi.
Bidan Pelaksana imunisasi Telukjambe Barat, Titin Kartini, Sst mengatakan, sejauh ini program pemberian imunisasi berjalan baik dan lancar. Dirinya pun berharap agar siswa yang sakit setelah pulih bisa dapatkak imunisasi agar bisa terbebas dari penyakit rubella. "Mudah-mudahan target Kecamatan Telukjambe Barat bisa terbebas dari penyakit rubella dan anak-anak bisa jauh lebih baik," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template