14 Produk Hasil Inovasi Mahasiswa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 14 Produk Hasil Inovasi Mahasiswa

14 Produk Hasil Inovasi Mahasiswa

Written By Mang Raka on Selasa, 29 Agustus 2017 | 14.30.00

KARAWANG, RAKA - Beragam produk hasil inovasi dan kreatifitas seluruh kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Unsika, dimunculkan dalam program lokakarya kecamatan, dilingkungan kantor Kecamatan Ciampel. Sebanyak 14 produk yang tampilkan seluruh kelompok tersebut, bertujuan dalam meningkatkan potensi wilayah di bidang usaha.
"Semuanya ada 14 stand yang ada dikegiatan lokakarya ditingkat kecamatan ini. setiap satu kelompoknya 1 stand, total produk semuanya ada 14 produk makanan. Semua bahan dasarnya, dari singkong dan pisang sih kebanyakannya," terang, ketua pelaksana lokakarya, Nurlatifah, mahasiswi semester 7, Unsika, Senin (28/8).
Nurlatifah, yang merupakan korcam mahasiswa KKN, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, mengatakan, kegiatan lokarkaya tersebut, tidak hanya sebagai ajang penuntasan seluruh kelompok mahasiswa Unsika, yang KKN di wilayah Kecamatan Ciampel selama 1 bulan. Akan tetapi, bertujuan dalam merealisasikan seluruh bentuk kreatifitas kelompok di bidang ekonomi. "Tujuan dari lokakarya ini, sebagai bentuk realisasi seluruh kelompok disetiap desanya, yang setiap desa itu berjumlah dua kelompok. Dari masing-masing kelompok itu, membawa hasil pembuatan produk hasil idenya sendiri, ataupun pengembangan produk yang sudah ada dikemas baru lagi, untuk nanti mencari siapa yang paling terbaik nantinya," katanya.
Camat Ciampel, Agus Sugiono, menambahkan, dengan adanya keberadaan mahasiswa Unsika, berdampak positif terhadap perubahan disetiap wilayahnya. Terutama di bidang pendidikan, sosial dan ekonomi. "Keberadaan mahasiswa KKN disetiap desa yang ada di Kecamatan Ciampel, sangat berdampak besar sekali, terutama di bidang pendidikan, yang di mana ada program calistung dan pembuatan lembaga belajar di wilayah yang memang tertinggal dan sangat sulit akses untuk menempuhnya, itu sangat bermanfaat sekali. Karena setidaknya sekarang sudah ada lokasi belajar untuk masyarakat dan generasi muda untuk dapat membaca, menulis dan menghitung," ucapnya.
Bahkan, kata dia, berbagai produk yang berhasil dimunculkan seluruh kelompok tersebut, dalam waktu dekat akan diselaraskan dengan program pemerintah disetiap desanya, melalui BUMDes. Hal itu bertujuan agar seluruh produk disetiap desa itu, bisa menjadi ikon di wilayah ini. "Semua produk yang ada di lokakarya mahasiswa KKN ini, akan saya matchingkan kedepannya, dengan memberdayakan BUMDes disetiap desa, untuk bisa mengelola dalam segi marketnya. Karena, banyak potensi di bidang usaha di wilayah ini yang menarik," ujarnya.
Dia berharap, agar dengan usainya KKN seluruh mahasiswa Unsika, tidak hanya, dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat disetiap desa meningkat. Namun, dapat menjadi sumber usaha yang menghasilkan daya jual yang tinggi. "Semoga hasil inovasi ini, bisa terus dikembangkan warga di sini,dan untuk mahasiswanya bisa terus mendalami keilmuan mereka," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template