Warga Kotabaru Ramai-ramai Bikin Surat Miskin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Warga Kotabaru Ramai-ramai Bikin Surat Miskin

Warga Kotabaru Ramai-ramai Bikin Surat Miskin

Written By Mang Raka on Rabu, 19 Juli 2017 | 14.00.00

-Kartu Sakti Keringanan Biaya Sekolah

KOTABARU, RAKA - Memasuki daftar ulang tahun ajaran baru, kantor Kecamatan Kotabaru disibukan dengan permintaan pengesahan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Surat itu nantinya digunakan orangtua siswa, agar pihak sekolah meringankan biaya pendidikan.
Kasi Kependudukan Kecamatan Kotabaru Muhammad Najib mengatakan, dari jumlah penduduk 116.000 jiwa, hampir seperempatnya memiliki surat keterangan tidak mampu. Memang belum ada data yang akurat, namun untuk beberapa hari ini saja, kata dia, menjelang masuk sekolah banyak dari orangtua siswa berbondong-bondong membuat surat keterangan tidak mampu. "Setiap hari ada saja memang, biasanya setiap awal masuk sekolah pasti ramai membuat surat itu," katanya kepada Radar Karawang, Selasa (18/7) kemarin.
Secara tidak langsung, kata dia, masih banyak masyarakat di wilayah Kecamatan Kotabaru yang belum memiliki penghasilan tinggi dan berkecukupan. Buktinya, masih ada sejumlah masyarakat yang membuat surat tersebut. Padahal kata dia, jika dilihat dari peluang usaha saat ini, Kabupaten Karawang dikenal dengan kota industri. Dan jika dikaitan dengan peraturan pemerintah dan bupati, serta Dinas Ketenagakerjaan memprioritaskan warga Karawang untuk bisa diterima bekerja. "Berarti walaupun banyak industri, tetap saja masih banyak masyarakat yang kurang mampu," ungkapnya.
Dia berpikir dengan seperti itu tidak menjamin bahwa dalam suatu daerah yang memiliki banyak sumber daya alam, bisa mensejahterakan masyarakatnya sendiri. Justru hal tersebut bagi dia harus diimbangi dengan sumber daya manusianya. "Kedua-duanya harus berimbang. Percuma juga ketika banyak sumber daya alam, tetapi kita sebagai sumber daya manusianya sendiri tidak bisa memanfataakan itu," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template