Titik Rawan Banjir di Wanakerta Ditanami Pohon - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Titik Rawan Banjir di Wanakerta Ditanami Pohon

Titik Rawan Banjir di Wanakerta Ditanami Pohon

Written By Mang Raka on Kamis, 27 Juli 2017 | 16.00.00

TELUKJAMBE BARAT, RAKA - Mengantisipasi banjir saat memasuki musim hujan sebagian warga bantaran sungai Tersier Cibeet, Desa Wanakerta bekerjasama dengan karang taruna desa itu menanam ratusan pohon Pornis Manium.

Penanaman 6000 pohon itu selain sebagai program reboisasi juga bertujuan agar penyerapan air di sepanjang bantaran sungai Tersier Cibeet lebih maksimal sehingga di harapkan banjir tidak mudah terjadi. Kegiatan yang dihadiri Kepala Desa Wanakerta. H. Kanta, perwakilan karang taruna dan unsur pembina dan Bhabinkamtibmas Desa Wanakerta disambut antusias warga. Desa Wanakerta bagian barat memang merupakan wilayah pertanian yang diharapkan dengan adanya penanaman itu akan mampu membuat perubahan dan ketersediaan air pun akan jauh lebih baik.
Kades Wanakerta. H. Kanta mengatakan jika Kegiatan itu merupakan sebuah wujud kerja nyata dirinya sebagai kepala desa agar Desa Wanakerta di Dusun 4,5 dan 6 ada perubahan. Kesulitan air pada kemarau dan banjir saat musim hujan mesti ada perubahan. Untuk menangkal itu semua maka diharapkan dengan melakukan penanaman maka pohon bisa menjadi penyangga dan penyedia ketersediaan air.
"Saya sekaligus apresiasi sekali dengan karang taruna yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu, dan harapan saya Karang taruna bisa sebagai garda terdepan bagi kemajuan desa Wanakerta. Saya akan terus bersinergi melakukan perubahan ke arah positif agar masyarakat bisa merasakan dampak tersebut sehingga Desa Wanakerta bisa lebih sejahtera," katanya.
Di tempat sama, perwakilan karang taruna Desa Wanakerja, Ridho (30) Membenarkan kegiatan itu merupakan bentuk kerjasama desa, karang taruna, masyarakat dan perusahaan perusahaan yang perduli akan lingkungan yang berada di zona Desa Wanakerta. Dirinya pun berharap dengan adanya antusiasme kegiatan penanaman bisa menjadi sebuah perubahan yang cukup berarti.
"Penanaman ini disambut antusias masyarakat karena hal ini akan membantu mengurangi dampak dari bahaya longsor dan banjir. Terutama saat musim hujan nanti juga akan membuat ketersediaan air bisa mencukupi. Saya sangat harapkan agar bukan saja dibantaran sungai namun di rumah rumah warga dan lingkungan sekitar agar berinisiatif menanam pohon," harapnya.
Sementara tokoh masyarakat Desa Wanakerta. H. Salim (61) sependapat jika penanaman itu bisa menjadi agenda. Dirinya berharap bukan saja untuk bantaran sungai, namun bisa sekaligus sarana masyarakat giat akan penanaman di lingkungan rumah nya masing masing. "Bukan tidak mungkin saya malah lebih yakin kekeringan tidak akan mudah terjadi ketika kemarau melanda. Saya berharap di halaman rumah warga coba berinisiatif menanam pohon, dan kegiatan ini bisa menjadi sarana penting untuk Desa Wanakerta yang lebih hijau dan nyaman," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template