Tidak Ada Revitalisasi Terminal Klari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tidak Ada Revitalisasi Terminal Klari

Tidak Ada Revitalisasi Terminal Klari

Written By Mang Raka on Kamis, 06 Juli 2017 | 13.00.00

H. Ardiansah: Banggar Belum Menerima Pengajuan Revitalisasi

KLARI, RAKA - Pejabat eksekutif di Kabupaten Karawang ternyata suka membual. Dari berbagai persoalan salah satunya masalah terminal. Mereka mengatakan akan membangun terminal sejak tahun 2015 lalu. Diantaranya terminal tipe B di daerah Lamaran, Karawang Timur serta revitalisasi terminal Klari. Ternyata sampai hari ini Badan Anggaran (Banggar) DPRD belum satupun menerima pengajuan mengenai itu dari Dinas Perhubungan (Dishub).

Pengakuan belum pernah mendapatkan pengajuan tentang pembangunan terminal di Karawang diungkapkan anggota Komisi C DPRD Karawang H. Ardiansah yang juga termasuk tim badan anggaran (Banggar) DPRD. Dia mengaku sampai saat ini tidak pernah ada pengajuan revitalisasi terminal Klari. Karenanya dia memastikan ditahun ini tidak akan ada perbaikan atau revitalisasi terminal tersebut. "Kami di Banggar tidak pernah membahas itu (revitalisasi terminal klari). Soalnya dinas terkait (Dishub) juga tidak mengajukan," kata H Ardi, kepada Radar Karawang.
Dia menyampaikan, di Kabupaten Karawang memang sudah saatnya memiliki terminal yang refresentatif. Karena semua terminal yang ada sangat memprihatinkan. Baik itu terminal Cikampek, Klari maupun yang lainnya. Dia juga menyampaikan, wacana akan dibangunnya terminal baru di Jalan Baru atau titik lain, jika melihat komposisi anggaran yang ada, maka masih belum bisa dipastikan kapan bisa terealisasinya. "Memang harusnya ada perbaikan (terminal) agar lebih refresentatif," katanya.
Karenanya dia meminta kepada dinas terkait untuk bisa lebih mengoptimalkan potensi yang ada. Seperti terminal Klari yang saat ini sudah jelas-jelas bisa beroperasi dengan baik, maka tinggal ditingkatkan saja untuk lebih optimal. "Optimalkan saja potensi yang ada. Jangan dulu ngomong buat terminal baru," bebernya.
Sementara Kabid Angkutan Dinas Perhubungan Karawang Rochman, Rabu (5/7) membenarkan bahwa revitalisasi terminal Klari belum diusulkan atau diajukan. Oleh karenanya di tahun 2017 ini tidak akan ada revitalisasi. Meski demikian dia memastikan di tahun 2018 akan didorong untuk bisa direalisasikan. "Saya juga baru menjadi Kabid angkutan. Nanti akan ada program unggulan. Diantaranya revitalisasi terminal klari dan terminal angkutan barang," ujarnya.
Sementara sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang Nunu Nugraha pernah menyampaikan, untuk penataan lalulintas di karawang. Akan dibangun beberapa terminal tipe C sebagai penghubung trayek diwilayah Karawang. Selain itu pihaknya juga merencanakan akan adanya pembangunan terminal tipe B dan tipe A. Meski demikian semua itu membutuhkan waktu yang cukup panjang. "Banyak yah (program) terminal tipe A, B dan beberapa terminal tipe C disetiap sudut kota Karawang," ujarnya.
Sebelumnya Kepala UPTD Terminal Klari Yudi Teja Kusumah juga mengaku bosan mendengar rencana revitalisasi. Menurut dia rencana itu hanya omdo alias omong doang realisasinya tidak ada. Bahkan dikatakannya, dengan kondisinya saat ini fungsi terminal Klari sekarang sudah tidak jelas. Termasuk terminal dalam kota atau terminal luar kota yang menjadi tempat perberhentian bus-bus luar kota bukan angkutan dalam kota. Sementara penumpang pun lebih suka menunggu angkutan kota (angkot) di luar terminal karena merasa lebih nyaman. Kendati demikian Yudi mengatakan untuk Detail Engineering Design (DED) nya sedang digarap.
Saat ini terminal dalam kota Klari kondisinya memang amat memperihatinkan. Selain bangunannya sudah banyak yang keropos atau bangunan juga pada rusak dan sudah terlihat seperti bangunan tua, sarana dan prasarana pendukung terminal juga amat minim. Seperti ruang tunggu dan bangku tunggu demikian wc umum yang mestinya ada di dalam terminal. Sehingga dengan kondisi tersebut bahkan untuk menyebut tipe terminal Klari sulit. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template