Target Tembus Tingkat Nasional - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Target Tembus Tingkat Nasional

Target Tembus Tingkat Nasional

Written By Mang Raka on Kamis, 20 Juli 2017 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Sebanyak 600 peserta di empat Cabang Olahraga (Cabor) Tradisional ditigkat sekolah Dasar Negeri (SDN) diseluruh Kabupaten Karawang, mengikuti ajang Invitasi Olahraga Tradisional yang diadakan ditingkat kabupaten. Perlombaan tersebut, tidak hanya bertujuan dalam melestarikan dan menjaga kebudayaan Indonesia saja, akan tetapi, sebagai ajang pencarian atlet muda di berbagai cabor tradisional untuk dapat mewakili Kabupaten Karawang ditingkat Provinsi Jawa Barat.
"Semua utusan ada 600 peserta di setiap per UPTD Pendidikan yang ada ditingkat kecamatan di daerah Kabupaten Karawang. Dengan total pelatih 120 orang, Official 120 orang dan peserta 600 orang, untuk kegiatan Invitasi Olahraga Tradisional ditingkat kabupaten," terang H Jaelani, Kasie Olahraga Disdikpora Kabupaten Karawang, kepada Radar Karawang, Rabu (19/7).
Kegiatan Invitasi Olahraga Tradisional yang meliputi 4 cabor tersebut ditingkat kabupaten ini, merupakan lanjutan perlombaan yang sebelumnya diadakan ditingkat kecamatan. "Untuk peserta yang mengikuti lomba ini, merupakan para utusan ditiap kecamatan masing-masing, yang sebelumnya menjuarai disetiap wilayahnya," katanya.
Adapun perlombaan olahraga tradisional ditingkat Kabupaten Karawang, merupakan agenda tahunan yang diadakan Disdikpora Kabupaten Karawang, kata dia, merupakan upaya dalam melestarikan kebudayaan Indonesia agar tidak punah. "Ada tambahan 1 cabor, selain ada lomba egrang, hadang, tarompah panjang, dan dagongan ada tambahan yaitu sumpitan, dan ini bertujuan dalam mencari bibit unggul atlet cabor olahraga tradisional di Karawang untuk dapat mewakilkan  ditingkat provinsi," ujarnya.
Apalagi, lanjut dia, selama 3 tahun berturut-turut Kabupaten Karawang selalu menjadi juara umum di ajang perlombaan olahraga tradisional ditingkat provinsi. Sehingga diharapkan, hal itu mampu dipertahankan. "Mudah-mudahan Kabupaten Karawang bisa kembali mempertahankan predikat juara umum ditingkat provinsi. Karena selama ini, sudah 3 tahun berturut-turut selalu jadi juara umumnya," paparnya.
Maka dari itu, dia menambahkan, dalam pencarian atlet cabor tradisional di wilayah Kabupaten Karawang, tidak serta merta asal tunjuk saja. Akan tetapi, para atlet cabor tersebut yang akan menjadi perwakilan daerah ini, meski benar-benar atlet unggulan yang menjadi sang juara ditingkat kabupatennya. "Untuk perlombaan ditingkat kabupaten juga, itu yang akan mewakilkan daerahnya masing-masing. Merupakan atlet cabor juara 1 ditingkat kabupaten untuk ke tingkat provinsi, begitu juga ke nasional. Hanya juara 1 saja. Makanya, predikat juara umum meski dipertahankan, agar target bisa berhasil, menghantarkan Kabupaten ini ke tingkat nasional," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template