Tanggul Penampung Air Tegalwareng Jebol - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tanggul Penampung Air Tegalwareng Jebol

Tanggul Penampung Air Tegalwareng Jebol

Written By Mang Raka on Kamis, 13 Juli 2017 | 13.00.00

PANGKALAN, RAKA - Akibat hujan deras memgguyur sejumlah wilayah di Kecamatan Pangkalan dan kualitas pekerjaan yang kurang baik, proyek penampung air di Kampung Tegal Wareng, Desa Medalsari jebol. Warga berharap pihak pengembang bisa memperbaiki kembali.

Entah debit air yang kencang atau karena dugaan pekerjaan yang kurang baik, pembangunan proyek embung-embung atau bak penampungan air yang seharusnya bisa menampung debit air hingga 500 kubik. Namun hasil pematauan Radar Karawang dilapangan, pembangunan bak turap terlalu miring di posisi tanah yang labil, hingga akibatnya turap bak malah terjerembab hingga panjang dua meter. Akibat hal itu kerugian di taksir mengalami kerugian hingga puluhan juta rupiah.
Ketika dikonfirmasi terkait pengerjaan tersebut, beberapa pekerja di lapangan mengaku karena dampak hujan. Sementara pengerjaan bak penampung yang tidak di ketahui berapa kisaran anggaran yang di serap tidak ada papan informasi pekerjaan. Hal itu justru membawa kecurigaan bagi masyarakat sekitar. Bahkan sampai saat ini pengawasan pekerjaan dari Dinas Pertanian tersebut tidak ada yang bisa di konfirmasi. Padahal memang sudah semestinya pengerjaan pekerjaan plat merah itu harus di barengi oleh sikap keterbukaan agar masyarakat mengetahui jenis pekerjaan juga kebutuhannya.
Duhri (40) warga setempat mengatakan jika kejadian persis tidak di ketahui secara jelas. Namun  setelah pagi harinya dilihat tembok turap sudah terjerembab. Menurutnya hujan pada malam tadi cukup besar. Dan setelah di ketahui pagi harinya beberapa pekerja melakukan perbaikan. "Saya enggak tahu pastinya yang jelas malam hari kejadian nya. Memang pekerjaan masih tengah berlangsung mungkin saja karena deras air ke lokasi bak penampungan itu yang membuat tembok penampung air jadi jebol oleh intensitas air," terangnya.
Sementara di tempat berbeda  Pembina Koramil 0410 Pangkalan Serda. F. Hasbulloh menyampaikan jika persoalan teknis bisa saja terjadi hal itu tergantung kualitas pekerjaan. Dirinya pun berharap penyelenggara pekerjaan agar serius melakukan pekerjaan agar usia proyek terlebih untuk kebutuhan pertanian agar senantiasa serius dan jangan sampai gegabah.
"Ini kan persoalan pekerjaan pemerintah maka wajar kalau saya beri arahan agar mereka bisa membawa amanah yang di sampaikan. Dan saya menegaskan pengawasan pun mesti serius dari Dinas Pertanian karena yang di gunakan untuk pembangunan tersebut dari uang rakyat, sudah semestinya melaksanakan nya dengan serius. Terlebih hal penampung bak air yang nantinya di gunakan untuk pertanian demi ketahanan pangan. Jika perlu pengawasan itu akan perlu ditindak lanjuti kenapa pekerjaan belum selesai dan kenapa sampai jebol," tegasnya. (yfn)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template