Sirnabaya Wakili Telukjambe Timur - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sirnabaya Wakili Telukjambe Timur

Sirnabaya Wakili Telukjambe Timur

Written By Mang Raka on Kamis, 20 Juli 2017 | 12.00.00

*Lomba Desa Sadar Hukum Tingkat Provinsi

TELUKJAMBETIMUR, RAKA - Desa Sirnabaya, Kecamatan Telukjambe Timur terpilih untuk mewakili kecamatan tersebut dalam lomba sadar hukum (Sadarkum) tingkat provinsi Jawa Barat, setelah dinyatakan sebagai desa tertinggi penyerapan Pajak Bumi Bangunan (PBB) nya  dari delapan desa yang ada di kecamat itu.

"Desa kami ditunjuk melalui Kabag Hukum Pemda Karawang mewakili kecamatan untuk mengikuti lomba desa sadar hukum tingkat provinsi. Pertimbangan penunjukan karena penilaian karena penyerapan PBB di Desa Sirnabaya bukan hanya sampai 50 persen bahkan hingga 70 persen," ucap Kepala Desa Sirnabaya Ir. Masuran, Rabu (19/7).
Masuran sendiri menambahkan penunjukan itu mendapat dukungan delapan desa lainnya yang ada di Telukjambe Timur. Seperti Desa Pinayungan, Purwadana, Puseurjaya, Sukaharja, Sukaluyu, Sukmakmur, Telukjambe dan Desa Wadas.

Masuran juga mengungkapkan semakin tinggi tingkat kesadaran masyarakat terhadap hukum, semakin tinggi pula tuntutan masyarakat untuk mendapatkan rasa keadilan dan kepastian hukum. Tetapi pada kenyataannya menunjukkan bahwa ada sebagian masyarakat dalam memenuhi tuntutannya itu berjalan diluar rambu-rambu hukum.

Terhadap hal tersebut, lanjut Masuran, maka sudah menjadi kewajiban semua pihak untuk meluruskannya sehingga tidak sampai merusak tatanan kehidupan sebagian besar masyarakat yang ada. "Saya berharap dengan mengikuti lomba ini sebagai media untuk memperluas pengetahuan dan wawasan dibidang hukum. Sehingga menjadi kader-kader pembangunan dilingkungan wilayah masing-masing serta mampu menumbuhkembangkan komunikasi dengan semua pihak, khususnya dengan aparatur pemerintah sehingga setiap perkembangan pembangunan di bidang hukum dapat dimasyarakatkan," harapnya.

Sementara Kasubag Dokumentasi dan Penyuluhan Hukum Biro Hukum dan HAM Setda Provinsi Jawa Barat Dr. Supriadi. S. Ag. SH. MH, mengatakan hukum sebagai bagian integral dari sistem pembangunan nasional, secara strategis merupakan landasan dan menjadi perekat bidang pembangunan. Membangun kesadaran hukum satu hal yang harus dilakukan pemerintah, salah satunya dengan pembentukan Desa Sadar Hukum (Sadarkum).

Penghargaan Desa atau pun kelurahan Sadar Hukum merupakan wujud apresiasi pemerintah dalam hal ini Kementerian Hukum dan HAM, melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM RI dan Tugas Pokok dan Fungsi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM di seluruh Indonesia, dan juga adanya kerjasama antar instansi (SKPD Provinsi, Kota dan Kabupaten) dalam pemahaman hukum kepada masyarakat sehingga dengan sendirinya memahami arti penting kesadaran hukum.

Dirinya pun menegaskan Pelaksanaan Lomba Desa Sadar Hukum (Sadarkum) merupakan suatu kegiatan yang strategis dan bersifat fundamental sebagai salah satu upaya membangun tingkat kesadaran hukum masyarakat. Karena hal tersebut perlu disadari bersama bahwa upaya membangun kesadaran hukum masyarakat bukanlah hal yang mudah. "Ada beberapa faktor yang cukup signifikan dan berpengaruh terhadap tingkat kesadaran hukum masyarakat seperti belum optimalnya pelaksanaan sosialisasi mengenai berbagai ketentuan hukum, bervariasinya latar belakang sosial budaya, sosial ekonomi dan tingkat pendidikan masyarakat, serta dilihat dari sisi sosiologis dan hukum perkembangan permasalahan selangkah lebih cepat dari produk hukum yang mengaturnya," jelasnya.

Hadir dalam kunjungan sosialisasi lomba Desa Sadar hukum yang dilaksanakan Desa Sirnabaya, Kabid Penyuluh Hukum Provinsi Jawa Barat Ahmad Kapi, Pelaksana Biro Pemerintahan dan Kerjasama Jabar serta Kabag Hukum dan Ham Karawang Hj. Neneng Junengsih. SH. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template