Seni Topeng Banjet Lestari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Seni Topeng Banjet Lestari

Seni Topeng Banjet Lestari

Written By Mang Raka on Rabu, 05 Juli 2017 | 13.30.00

- Generasi Muda Banyak Belajar

KARAWANG, RAKA - Berbagai persiapan dalam memaksimalkan penampilan terbaiknya di ajang festival Karawang, grup Topeng Banjet Putra Asmara berasal dari Kampung Gokgik, Desa Lemahmulya, Kecamatan Majalaya, kian menggencarkan latihan uji mental para anggota Topeng Ijem Muda yang berasal dari anak-anak muda di wilayah tersebut. Selain itu, upaya keberadaan grup kesenian Topeng Banjet tersebut, dinilai sebagai langkah kongkret dalam melestarikan budaya daerah dikalangan generasi muda, agar tetap dipertahankan dan diperkenalkan, agar tidak punah.
Ananda Linda, perempuan asal Perumahan Puri Kosambi I, mengatakan, saat ini para anggota Topeng Banjet merupakan kesenian khas dari Daerah Karawang, masih terus diupayakan keberadaannya untuk tetap dilestarikan dikalangan generasi muda yang ada di wilayah ini. "Iya itu grup topeng Banjet kesenian tradisional khas dari Karawang, grup Putra Asmara dari Gokgik Kecamatan Majalaya ini sedang latihan uji mental dalam menyiapkan diri untuk mengikuti festival di Karawang yang nantinya akan ada di Bulan Agustus mendatang," terangnya, kepada Radar Karawang, kemarin.
Linda merupakan alumnus SMAN 2 Klari lulusan tahun 2017 ini, mengaku, memang berbicara kesenian sangat digemarinya sejak kecil. Sehingga, saat masih banyak pemuda yang peduli akan kesenian daerah menjadi tolak ukur dalam mempertahankan budaya agar tidak punah. "Seru soalnya, ini kesenian daerah sendiri sih," ucapnya.
Dia berharap, agar kesenian grup Asmara Topeng Bajet, yang diprakasai para generasi muda tersebut dapat lebih diperhatikan pemerintah secara maksimal. Agar keberadaan kesenian Sunda dikalangan pemuda tetap dipertahankan. "Harapannya tolong pemerintah bisa membatu memperhatikan kesenian tradisional, supaya tidak punah dan ingin membangun padepokan," harapnya.
Sementara itu, Yogi Kurniawan, pimpinan Grup Putra Dewi Asmara, Kampung Gokgik, Desa Lemahmulya Kecamatan Majalaya, menambahkan, para anggota yang berada di grup kesenian Topeng Bajet tersebut merupakan kalangan pelajar diberbagai sekolah yang ada di wilayahnya. Hal itu bertujuan, agar kesenian khas daerah dapat terus dipertahankan dan dilestarikan dikalangan pemuda saat ini. "Jumlah anggota ada 15 orang, semua dari pelajar, ada yang masih sekolah SMP, ada juga yang baru keluar SMK," katanya.
Dia berharap, selain dalam ajang persiapan mental, rutinitas latihan yang diadakan dipadepokannya bertujuan dalam memperkenalkan generasi muda terhadap budaya daerah. "Ya saya ingin seni Sunda khas Karawang itu tetap kokoh. Makanya saya membuat grup Topeng Banjet Putra Dewi Asmara. Saya juga ingin meneruskan dari almarhum nenek ya.  Mak Ijem Dewi Asmara. Dan ayah saya juga punya grup Dewi Asmara Ijem Putra, sehingga ini menjadi regenerasi dalam melestarikan budaya Sunda khas Karawang," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template